Pengertian Sediaan Tablet

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   4/10/2015
Selamat malam sahabat Andi Rezpati, pada postingan saya kali ini akan menjelaskan sedikit mengenai pengertian obat dalam bentuk tablet, untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel dibawah ini:v TABLET (MENURUT FI III)Tablet adalah sediaan padat kompak, dibuat secara kempa cetak, dalam bentuk tabung pipih atau sirkuler, kedua permukaannya rata atau cembung, mengandung satu jenis obat atau lebih dengan atau tanpa zat tambahan. Zat tambahan yang digunakan dapat berfungsi sebagai zat pengisi, zat pengembang, zat pengikat, zat pelicin, zat pembasah atau zat lain yang cocok. 

TABLET (MENURUT FI IV) Tablet adalah sediaan padat mengandung bahan obat dengan atau tanpa bahan pengisi. Berdasarkan metode pembuatan dapat digolongkan sebagai tablet cetak dan tablet kempa.Tablet merupakan bentuk sediaan farmasi yang paling banyak tantangannya didalam mendesain dan membuatnya. Misalnya kesukaran untuk memperoleh bioavailabilitas penuh dan dapat dipercaya dari obat yang sukar dibasahi dan melarutkannya lambat, begitu juga kesukaran untuk mendapatkan kekompakan kahesi yang baik dari zat amorf atau gumpalan. Namun demikian, walaupun obat tersebut baik kempanya, melarutnya, dan tidak mempunyai masalah bioavailabilitas, mendesain dan memproduksi obat itu masih penuh tantangan, sebab masih banyak tujuan bersaing dari bentuk sediaan ini. 

TABLET MENURUT IMO Tablet adalah sediaan padat ,dibuat secara kempa cetak,berbentuk rata atau cembung rangkap,umumnya bulat, mengandung satu jenis obat atau lebih dengan atau tanpa bahan tambahan. BENTUK – BENTUK & UKURAN SEDIAAN TABLET

Bentuk – bentuk Tablet- Bentuk silinder- Bentuk kubus- Bentuk cakram- Bentuk bundar- Bentuk batang- Bentuk telur/peluru- Bentuk pipih/sirkuler- Bentuk oval- Bentuk cincin- Bentuk segitiga,segi empat,segi lima, banyak segi, segiempat panjang, bentuk hati.


Baca Juga :
  1. Macam Macam Sediaan Tablet
  2. Keuntungan dan Kerugian Sediaan Tablet
  3. Metode Pembuatan Obat Dalam bentuk Tablet
  4. Syarat Pembuatan Obat Dalam Bentuk Tablet
Ukuran – ukuran Tablet· Menurut R. Voigt - garis tengah pada umumnya 15-17 mm - bobot tablet pada umunya 0,1 g-1g· Menurut Lachman - tablet oral biasanya berukuran 3/16-1/2 inci. - berat tablet berkisar antara 120-700 mg ≥ 800 mg. - diameternya 1/4-7/6 inci.· Menurut Dom Martin - 1/8-1 1/5 inci.· Menurut FI III - kecuali dinyatakan lain, diameter tablet tidak lebih dari 3 kali dan tidak kurang dari 1/3 kali tebal tablet. Demikian artikel mengenai pengertian sediaan tablet semoga dapat bermanfaat buat sahabat Andi Rezpati bila ada kesalahan penulisan harap berkomentar agar saya bisa membenarkannya.

Tampilkan Komentar