Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   5/04/2015
Selamat pagi sahabat Andi Rezpati, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang "Bahaya Rokok Bagi Kesehatan". Mungkin bukan hal yang biasa jika kita mendengar bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan manusia, karena sebenarnya sudah banyak peringatan dan pesan yang sering kita dengar dari media tentang bahaya merokok sebenarnya bahkan sedang memperingatkan tentang bahaya merokok rokok paket sendiri. Tapi anehnya tetap saja, masih banyak orang yang merokok. Merokok adalah salah satu kegiatan yang tidak baik untuk kesehatan. Tidak hanya laki-laki yang mengalami dampak gangguan kesenangan merokok, dan bahkan bahaya merokok bagi kesehatan perempuan bisa. Hasil penelitain mengungkapkan bahwa wanita memiliki resiko dampak kanker kulit Karsinoma Jual skuamosa (SCC) lebih tinggi dari laki-laki, Bersih dan Sehat Perilaku, yang merupakan kebutuhan dasar derajat kesehatan masyarakat, salah satu aspek adalah "tidak ada anggota keluarga yang merokok". Sementara PHBS harus tugas dan kesehatan kader saya untuk bersosialisasi.

Sebenarnya mengapa rokok bisa begitu berbahaya bagi kesehatan? Hal ini disebabkan dari konten yang terkandung dalam rokok. Zat berikut yang terkandung dalam rokok:

1. Nikotin
Zat ini mengandung kecanduan opium dapat menyebabkan seseorang untuk terus asap rokok. Pengaruh tubuh manusia:
1) menyebabkan kecanduan / ketergantungan
2) merusak jaringan otak
3) menyebabkan bekuan darah yang cepat
4) dinding arteri mengeras

2. Tar
Pembuatan aspal yang dapat menempel pada paru-paru dan dapat menyebabkan iritasi dan bahkan kanker. Pengaruh tubuh manusia:
1) Membunuh sel dalam aliran darah
2) Meningkatkan lendir paru produksi diparu
3) Risiko kanker paru-paru

3. Karbon Monoksida
Gas yang dapat menyebabkan penyakit jantung karena dapat mengikat gas oksigen di dalam tubuh. Pengaruh tubuh manusia:
1) mengikat hemoglobin, sehingga tubuh kekurangan oksigen
2) menghalangi transportasi dalam darah

4. Zat Karsinogen
Pengaruh tubuh manusia yang memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh

5. Zat Iritan
Pengaruh tubuh manusia:
1) mengotori saluran udara dan kantung udara di paru-paru
2) Penyebab batuk
Zat asing adalah zat berbahaya yang terkandung dalam asap, dan ada 4000 bahan kimia yang ditemukan dalam rokok, 40 diklasifikasikan sebagai bahan berbahaya misalnya: hidrogen sianida (HCN), arsen, amonia, polonium, dan karbon monoksida (CO).

Beberapa bahaya yang disebabkan oleh merokok
1. Kanker Paru
Diketahui sekitar 90 persen kasus kanker paru-paru disebabkan oleh merokok. Hal ini karena asap akan pergi terhirup ke dalam paru-paru. Zat dari asap rokok merangsang sel-sel ini di paru-paru tumbuh normal. Diperkirakan bahwa 1 dari 10 perokok dan 1 dari 5 menjadi perokok berat akan meninggal akibat kanker paru-paru.

2. Kanker kandung kemih
Kanker kandung kemih terjadi pada sekitar 40 persen dari perokok. Studi menemukan kadar tinggi dari senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang mengarah ke kandung kemih kanker.

3. Kanker Payudara
Perempuan yang merokok lebih berisiko mengembangkan kanker payudara. Hasil studi menunjukkan perempuan yang mulai merokok pada usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali berisiko lebih besar terkena kanker payudara.

4. Kanker Serviks
Sekitar 30 persen kematian akibat kanker serviks disebabkan oleh merokok. Hal ini karena perempuan yang merokok lebih rentan terhadap infeksi oleh virus menular seksual.

5. Kanker Kerongkongan
Studi ini menemukan bahwa asap rokok merusak DNA dari sel-sel esofagus sehingga menyebabkan kanker kerongkongan. Sekitar 80 persen kasus kanker esofagus telah dikaitkan dengan merokok.

6. Kanker Pencernaan
Meskipun asap rokok masuk ke dalam paru-paru, tapi ada beberapa asap yang tertelan sehingga meningkatkan risiko kanker gastrointestinal (pencernaan).

7. Kanker Ginjal
Ketika seseorang merokok, asap yang mengandung nikotin dan tembakau masuk ke tubuh. Nikotin bersama dengan bahan kimia berbahaya lainnya seperti karbon monoksida dan tar penyebab perubahan denyut jantung, pernapasan dan sirkulasi darah. Karsinogen yang disaring keluar dari tubuh melalui ginjal juga mengubah sel DNA dan merusak sel ginjal. Perubahan ini mempengaruhi fungsi ginjal dan menyebabkan kanker.

8. Kanker Mulut
Tembakau adalah penyebab utama kanker mulut. Dikenal perokok 6 kali lebih mungkin mengembangkan kanker mulut dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, dan orang yang merokok tembakau tanpa asap berisiko 50 kali lipat lebih besar.

9. Kanker Tenggorokan
Asap rokok yang dihirup sebelum masuk ke paru-paru akan melewati tenggorokan, jadi ini akan berkaitan dengan rokok kanker.

10. Serangan Jantung
Nikotin dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Sementara karbon monoksida mengambil oksigen dalam darah yang membuat pompa jantung lebih banyak darah. Jika jantung bekerja terlalu keras tekanan darah ditambah tinggi, dapat menyebabkan serangan jantung.

11. Penyakit Jantung Koroner (PJK)
Mayoritas penyakit jantung koroner disebabkan oleh rokok dan akan memburuk jika Anda memiliki penyakit lain seperti diabetes mellitus.

12. Aterosklerosis
Nikotin dalam asap rokok dapat mempercepat penyumbatan arteri yang bisa disebabkan oleh penumpukan lemak. Hal ini akan menyebabkan jaringan parut dan penebalan arteri yang menyebabkan aterosklerosis.

13. Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)
Kondisi ini menyebabkan aliran darah tersumbat sehingga membuat bernapas yang sulit, dan sekitar 80 persen kasus PPOK disebabkan oleh rokok. Kondisi ini dapat menyebabkan emfisema (sesak napas akibat kerusakan pada kantung udara atau alveoli) dan bronkitis kronis (batuk dengan banyak lendir yang terjadi terus menerus selama 3 bulan).

14. Impotensi
Untuk pria berusia 30-an dan 40-an, merokok dapat meningkatkan risiko disfungsi ereksi sekitar 50 persen. Hal ini karena merokok bisa merusak pembuluh darah, nikotin mempersempit arteri yang mengurangi aliran darah ke penis dan tekanan darah. Jika seseorang mengalami impotensi, maka bisa menjadi peringatan dini bahwa rokok sudah merusak daerah lain dari tubuh.

15. Gangguan medis lainnya
Beberapa gangguan medis juga bisa disebabkan oleh merokok seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), gangguan kesuburan, memperburuk asma dan radang saluran napas, berisiko lebih tinggi terkena degenerasi makula (hilangnya bertahap penglihatan), katarak, menjadi lebih sering sakit, penyebab noda The gusi gigi bendungan, sariawan berkembang di usus dan merusak penampilan. Demikian artikel yang dapat saya sampaikan buat sahabat Andi Rezpati, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat sahabatku semua terutama bagi para perokok.

Tampilkan Komentar