Penyebab dan Gejala Kista

Oleh:   A A   |   8/07/2015
Selamat pagi sahabat Andi Rezpati, posting kali ini saya akan membahas sedikit tentang penyebab dan gejala kista mungkin. Kista adalah benjolan berisi cairan yang berada di indung telur. Bentuk kistik, berisi cairan kental, dan ada juga yang berbentuk anggur. Kista juga diisi dengan udara, cairan, nanah, atau bahan lainnya.

Kista adalah jenis jaringan tumor jinak yang terbungkus semacam membran. Kumpulan sel-sel tumor dipisahkan dari jaringan normal di sekitarnya dan dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Itulah sebabnya tumor jinak relatif sederhana dihilangkan dengan pembedahan, dan tidak membahayakan kesehatan penderitanya. Selain kista ovarium juga dapat tumbuh di vagina dan pada vulva (alat kelamin wanita eksternal). Kista yang tumbuh di daerah vagina, seperti inklusi, duktus Gartner, endometriosis, dan adenosis. Sementara kista yang tumbuh di daerah vulva, seperti kelenjar Bartholin, kelenjar sebaceous dan epidermal inklusi.

Kista juga bisa dikatakan atau penyakit degeneratif keturunan. Jika orang tua atau nenek menderita kista atau penyakit rahim, dapat dipastikan bahwa Anda adalah salah satu dari keturunan sifat dari penyakit kista.

Penyebab Kista

Selain faktor keturunan, kista penyakit juga bisa disebabkan oleh polusi udara dan debu, adanya dioksin dari asap pabrik dan pembakaran gas motor dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh manusia yang nantinya akan membantu pertumbuhan kista. Selain faktor makanan, lemak berlebih atau lemak yang tidak sehat akan menghasilkan zat lemak tidak dapat dipecah dalam proses metabolisme yang akan meningkatkan testosteron.

Gejala Penyakit Kista

Kista banyak perempuan menyerang. Biasanya ditandai dengan nyeri saat haid, nyeri perut bagian bawah, sering merasa dorongan besar atau kecil, dan negara maju benjolan yang teraba di daerah perut. Dan jika kista pecah, misalnya, selama hubungan seksual, penderita akan merasakan sakit yang meningkat ketika melakukan aktivitas fisik yang berat.

Jenis Kista

Berdasarkan tingkat keganasan, penyakit kista dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
kista non-neoplastik, yang jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 sampai 3 bulan.
kista neoplastik, kista ini umumnya harus dioperasi, tetapi juga tergantung pada ukuran dan sifat. Demikian artikel yang dapat saya sampaikan pada pagi ini semoga artikel diatas dapat bermanfaat buat sahabat Andi Rezpati dimanapun kamu berada.

Tampilkan Komentar