Manfaat Daun Zaitun

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   11/21/2015
Selamat Pagi menjelang siang sahabat Andi Rezpati. Pada posting ini saya sedikit menjelaskan tentang manfaat daun zaitun. Anda mungkin harus mengetahui banyak manfaat dari minyak zaitun yang diekstrak dari buah. Tapi ada bagian lain dari tanaman zaitun atau Olea europaea yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan.

Bagian itu tidak lain hanyalah daun.
Dalam pengobatan tradisional Maroko, daun zaitun digunakan untuk menjaga kadar gula darah dan diabetes. Sedangkan saat ini, daun zaitun dikenal dan digunakan secara luas, terutama setelah banyak penelitian ilmiah yang mendukung manfaat.

Salah satu hasil konten utama di kompleks daun zaitun disebut oleuropein, yang telah dipelajari sejak awal 1900-an. Milik oleuropein iridoid yang memiliki aktivitas antibakteri, antivirus, dan antijamur, serta berguna melawan berbagai jenis infeksi internal. Oleuropein termogenin juga dapat meningkatkan produksi dalam tubuh, yang merupakan senyawa yang dapat membakar lemak secara efektif.

Dalam penelitian terbaru, oleuropein dapat berguna untuk menurunkan tekanan darah. Studi di Milan menunjukkan bahwa senyawa ini adalah antioksidan kuat, yang dapat menghambat oksidasi lipid dalam darah, serta menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Bahkan, aktivitas antioksidan di daun zaitun lebih tinggi daripada di teh hijau. Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa senyawa antioksidan yang berasal dari tanaman dapat memberikan manfaat kesehatan, dan membantu untuk menurunkan risiko berbagai penyakit kronis.

Daun zaitun merupakan sumber yang baik dari senyawa antikanker apigenin dan luteolin yang, serta sumber anti malaria senyawa sinkonin. Daun zaitun juga dapat bertindak sebagai anti-inflamasi. Studi pada hewan telah menunjukkan bahwa ekstrak daun zaitun dapat mencegah kerusakan saraf, sehingga sangat baik untuk mencegah stroke. Demikian sedikit penjelasan mengenai manfaat daun zaitun semoga bisa bermanfaat.

Tampilkan Komentar