Pentingnya Olahraga Untuk Pertumbuhan Anak

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   1/17/2017
Gizi atau gizi seimbang pada anak di Indonesia menduduki peringkat 121 dari seluruh negara di dunia pada tahun 2013 dan masih di bawah rata-rata Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Hal ini menyebabkan fase pertumbuhan anak kurang optimal. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberikan pemenuhan yang tepat dari kecerdasan dan juga untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Hal ini dinyatakan oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Pendidikan, Prof Dr Ir H Musliar Kasim, MS.

"Salah satunya adalah dengan menerapkan kebiasaan makan yang baik seperti minum susu dan berolahraga secara teratur sejak dini kepada anak-anak," katanya saat berbicara pada media briefing di Kementerian Pendidikan Nasional, seperti dikutip, Selasa (2013/05/28).

Sejalan dengan ini, spesialis gizi klinik yang juga Guru Besar Universitas Andalas, Prof Dr Fasli Jalal, PhD, SpGK mengatakan, setelah periode emas yang tak boleh dilupakan adalah nutrisi dan energi.

"Pemenuhan nutrisi dan energi dan pra-sekolah anak-anak usia sekolah dasar untuk mengoptimalkan pertumbuhan yang cepat fisik (percepatan pertumbuhan) dan kinerja otak untuk proses belajar anak-anak serta aktivitas fisik yang tinggi," jelas Prof Fasli.

Namun, Prof. Fasli juga memerintahkan bahwa tidak ada susu karena banyak mengandalkan sumber nutrisi yang dapat digunakan untuk menggantikan susu. "Ada banyak alternatif untuk susu seperti dari sumber hewani dan nabati. Untuk lemak, dapat dicari dari buah-buahan yang kaya lemak," tambahnya.

Dan yang paling penting adalah untuk mengurangi kekurangan gizi (stunting dan wasting) kombinasi zat makanan yang kaya makro (karbohidrat, lemak, protein) dan zat gizi mikro (vitamin, mineral, air, serat) yang diperlukan. "Zat makro dapat ditemukan dalam segelas susu dapat membantu anak-anak melakukan aktivitas sehari-hari," katanya. Sekian artikel yang bisa saya share buat sahabatku semoga dapat bermanfaat.

Tampilkan Komentar