Penyebab menstruasi yang tidak teratur

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   1/14/2017
Mungkin beberapa wanita didunia ini merasa bingung kenapa menstrubasi tidak bisa teratur, Jangan khawatir meskipun karena biasanya itu tidak menunjukkan sesuatu yang berbahaya. Kebanyakan wanita mengalami. Dan berikut kami paparkan sedikit penjalasan:

Namun, sebelum menyatakan menstruasi tidak teratur Anda, mari kita setuju pada apa yang disebut tidak teratur. Tidak semua wanita adalah sama. Ada wanita yang memiliki siklus menstruasi yang teratur, seperti "kehidupan kalender", ada yang tidak teratur. Siklus yang paling umum adalah 28 hari, tetapi dapat bervariasi 21-35 hari. Awal siklus maju atau mundur 1 sampai 3 hari adalah normal. Menstruasi pendarahan biasanya berlangsung selama 5 hari, tetapi pendarahan hingga 7 hari masih dianggap normal.

haid tidak teratur disebut hanya ketika tidak mengikuti pola normal siklus Anda. Anovulasi (tidak ada rilis telur) adalah penyebab utama keterlambatan menstruasi pada banyak wanita. Kondisi ini dianggap normal jika terjadi hanya sekali atau dua kali setahun. Menstruasi juga tidak teratur dalam beberapa bulan atau tahun setelah menstruasi pertama (menarkhe). Hal ini karena hormon yang mengontrol menstruasi membutuhkan waktu untuk mencapai keseimbangan.
haid tidak teratur disebabkan oleh hal-hal yang berkaitan dengan masalah gaya hidup atau kesehatan.

1. Gaya Hidup
gaya hidup tertentu dapat mengganggu siklus menstruasi, termasuk:
Peningkatan stres. Ini adalah penyebab paling umum. Ketika Anda mengalami stres karena terlalu banyak pekerjaan, tekanan dari teman atau tuntutan keluarga, menstruasi Anda dapat menjadi tidak teratur. Ketika Anda stres, kelenjar adrenal melepaskan hormon kortisol, yang memiliki dampak langsung pada beberapa hormon yang terlibat dalam menstruasi seperti estrogen dan progesteron.

penurunan berat badan ekstrim. Meskipun berat badan rendah adalah penyebab umum dari menstruasi yang tidak teratur, obesitas juga dapat menyebabkan masalah menstruasi. Dalam situasi ini, otak tidak dapat memicu hormon yang tepat untuk perkembangan folikel, yang diperlukan untuk membuat estrogen.

Menyusui. Banyak wanita mengalami ketidakteraturan menstruasi sampai menyusui selesai.

Kontrasepsi. pil KB dan alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) / spiral dapat menyebabkan perdarahan antara periode menstruasi. perdarahan ringan adalah normal ketika baru mengambil pil kontrasepsi. IUD / spiral bahkan juga dapat menyebabkan perdarahan berat.
gizi buruk, obat-obatan, merokok, dan kafein dalam kasus tertentu dapat mengganggu siklus menstruasi.


2 Kondisi Kesehatan
Beberapa kondisi kesehatan yang dapat mengganggu siklus menstruasi antara lain:
Sindrom ovarium polikistik (PCOS). PCOS terjadi ketika beberapa kista yang sangat kecil berkembang dalam ovarium. Ovarium menghasilkan folikel yang menghasilkan tingkat tinggi estrogen tetapi tidak pernah melepaskan sel telur, mengakibatkan haid tidak teratur.

ketidakseimbangan hormon yang terkait dengan perimenopause. Perimenopause adalah periode transisi sebelum menopause hormonal. Secara teknis, menopause terjadi ketika Anda berhenti menstruasi selama 12 bulan berturut-turut sejak menstruasi terakhir. Namun, jarang ada wanita yang mengalami menstruasi teratur sampai tiba-tiba berhenti sama sekali. Yang lebih umum adalah perubahan siklus menstruasi selama beberapa tahun atau bulan sebelum mencapai menopause. Ketidakteraturan ini disebabkan oleh ketidakseimbangan progesteron, hormon yang mengatur jumlah dan durasi perdarahan. Fluktuasi progesteron membuat menstruasi berlangsung lebih lama atau lebih pendek.

ketidakseimbangan hormon androgen. Beberapa wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur karena memiliki terlalu banyak androgen. hormon laki-laki yang biasanya hanya sedikit dalam tubuh wanita ini dapat menyebabkan pertumbuhan rambut pada wajah, dagu, dada, dan perut, dan kadang-kadang dikaitkan dengan berat badan yang berlebihan.

gangguan tiroid. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang menjaga metabolisme tubuh. fungsi tiroid adalah terkait erat dengan semua hormon dalam tubuh Anda. hormon tiroid tidak seimbang seperti di hipotiroidisme dapat menyebabkan berbagai gejala seperti menstruasi yang tidak teratur, kelelahan, berat badan, dan depresi.

kegagalan ovarium prematur. Kondisi ini adalah ketika Anda berhenti menstruasi sebelum usia 40 Bedah, kemoterapi, dan terapi radiasi dapat menyebabkan kegagalan ovarium prematur perut atau panggul.

Kondisi lain seperti kelainan rahim (fibroid, kista, polip, endometriosis), sindrom iritasi usus, TBC, penyakit jantung, dan diabetes juga dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur, meskipun jarang.

Tips untuk Anda
ketidakteraturan menstruasi berasal dari ketidakseimbangan hormon. Apa pun yang Anda lakukan untuk mengembalikan keseimbangan hormonal juga akan mengembalikan siklus menstruasi Anda.

Tips berikut dapat membantu:

  • Mengurangi stres dan meningkatkan status gizi Anda. Cobalah untuk rileks dan menikmati hidup. Mengambil cukup di malam hari. Mengubah diet Anda untuk lebih seimbang dengan meningkatkan asupan karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran dan air.
  • Berolahraga secara teratur, tapi moderat.
  • Jika Anda khawatir menyebabkan menstruasi tidak teratur adalah penyakit atau kondisi lain, berkonsultasilah dengan dokter. Tanyakan kepada dokter Anda kemungkinan penyebab ketidakteraturan menstruasi Anda.

Tampilkan Komentar