Ragam Manfaat Dalam Terong

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   1/16/2017
Mitos populer di kalangan orang-orang tentang terong adalah bahwa hal itu dapat menyebabkan impotensi alias ereksi sulit jika pria dimakan. Tapi, pada kenyataannya tidak terjadi. Memang, terong sarat dengan vitamin dan mineral. Bahkan terong untuk manfaat kesehatan jauh lebih dari sekedar penyebab mitos hilangnya orang kepercayaan. Terong mengandung senyawa alami yang mampu menjaga kesehatan. Bahkan, terong diyakini dapat membantu mencegah kanker dan mengurangi kolesterol. Berikut adalah berbagai manfaat di terong:

1. asam chlorogenic

asam klorogenat adalah senyawa tanaman yang dikenal dengan aktivitas antioksidan yang tinggi. Para peneliti di Agricultural Research Service Amerika Serikat Departemen Pertanian menemukan asam klorogenat antioksidan sebagai senyawa dominan dalam terong.

Mereka melaporkan bahwa asam klorogenat memiliki kapasitas yang lebih besar untuk melawan radikal bebas dan dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat). asam klorogenat juga antimutagenik, yang berarti dapat melindungi sel-sel dari bermutasi menjadi sel kanker, dan antivirus.

2. nasunin
Nasunin senyawa antioksidan yang ditemukan dalam kulit terong. Jurnal Agricultural and Food Chemistry melaporkan bahwa sebuah studi menunjukkan nasunin terong memiliki kemampuan antiangiogenic.

Cancer Center di Angiogenesis Yayasan menjelaskan bahwa ketika ada sesuatu yang angiogenik, itu akan merangsang pertumbuhan pembuluh darah baru dan suplai darah. Walaupun tampaknya seperti itu bisa menjadi hal yang baik ketika berbicara tentang kanker, tetapi sebenarnya tidak.

Sel-sel kanker dapat memperoleh kemampuan angiogenesis, yang berarti mereka dapat mengembangkan cara-cara untuk meningkatkan suplai darah mereka sendiri, yang dapat menyebabkan kanker atau massa tumor untuk tumbuh lebih cepat. Nasunin di terong memiliki kemampuan untuk mencegah angiogenesis yang terjadi.

3. serat, vitamin dan mineral

Terong juga merupakan sumber yang sangat baik dari serat makanan yang dapat membantu melindungi terhadap kanker usus besar dan menjaga sistem pencernaan. Vitamin dalam terong terutama terdiri dari vitamin A (dalam bentuk beta-karoten), vitamin B, asam folat dan vitamin C.

Terong juga kaya mineral, yang mengandung sejumlah besar kalium, magnesium, kalsium dan fosfor. Tanpa lemak, mengandung enam karbohidrat dan 27 kalori dalam satu porsi 1 cangkir, terong adalah makanan yang baik dikonsumsi sehari-hari.

Tampilkan Komentar