Tips Merawan Kesehatan Gigi Bayi

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   1/17/2017
Kondisi gigi seseorang harus dirawat sejak dini bahkan sejak pertama kali tumbuh gigi. Jika gigi telah rusak sejak bayi, akan sulit untuk memperbaiki dan mengembalikan sebagai orang dewasa. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi Anda dari bayi Anda dengan langkah-langkah yang tepat.

Seperti dilaporkan mom.me Kamis (30.08.12) berikut 5 hal yang perlu Anda perhatikan menjaga kesehatan gigi bayi:

1. Melindungi gigi bayi dengan fluoride

Fluoride umumnya hadir dalam air minum untuk melindungi gigi dari pembusukan dan membantu menyembuhkan kerusakan dini. Meminta dokter gigi atau dokter anak Anda jika Anda mengkonsumsi air yang mengandung fluoride. Dokter juga mungkin meresepkan fluoride tetes untuk bayi.

2. Periksa dan membersihkan gigi bayi

Begitu bayi tumbuh gigi, gigi bersih setidaknya sekali sehari dengan kain bersih yang lembut atau sikat gigi bayi. Waktu terbaik untuk membersihkan gigi Anda sebelum bayi tidur. Jika terlihat bintik-bintik atau noda pada gigi bayi, berkonsultasi dengan dokter sebelum terlambat dan gigi bayi rusak.

Ketika anak telah berubah berusia 2 tahun, mulai menyikat gigi anak menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride seukuran kacang. Anak-anak di usia anak-anak tidak mampu untuk menyikat giginya sampai usia 7 atau 8 tahun, sehingga Anda perlu untuk membantu memastikan gigi anak tetap sehat.

3. Memberikan makanan bayi yang sehat

Memilih makanan yang tidak memiliki banyak gula di dalamnya. Berikan buah anak Anda dan sayuran, menghindari memberikan permen dan kue.

4. Mencegah kerusakan gigi karena botol susu bayi

Jangan biarkan anak-anak tidur di malam hari atau siang hari dengan kondisi menghisap susu dari botol karena bisa merusak gigi. Jika anak tidak bisa tidur tanpa menghisap botol susu, isi botol dengan air biasa saja.

Susu, jus dan lain minuman manis seperti soda mengandung gula. Mengisap botol berisi cairan yang mengandung gula dapat menyebabkan kerusakan gigi. Jika bayi menggunakan dot, tidak celupkan ke dalam sesuatu yang manis seperti gula atau madu.

Untuk mengurangi ketergantungan pada botol susu, mengajarkan anak untuk minum dari gelas pada usia 1 tahun.

5. Memeriksa kondisi anak ke dokter gigi

Periksa dengan gigi anak Anda ke dokter gigi dari usia satu tahun untuk mendeteksi kerusakan gigi awal. Dapatkan anak-anak akrab dengan sejak dokter gigi kecil juga dapat membuat anak tidak takut untuk memeriksa kondisi gigi mereka hingga dewasa nanti

Tampilkan Komentar