Cara Mencegah Depresi Pada Anak

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   2/20/2017
Apakabar sobat Andi Rezpati? postingan kali ini saya memberikan tips gimana caranya agar tidak stres. Apa itu depresi? Suatu gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan suasana hati yang terus tertekan atau kehilangan minat dalam beraktivitas, menyebabkan penurunan yang signifikan dalam kualitas hidup sehari-hari. Anak-anak dewasa sepertinya juga bisa menjadi korban depresi. Masalah adalah penyebabnya mungkin sederhana, seperti kegiatan anak-anak atau makanan. Jika tidak ada tindakan pencegahan yang diambil sesegera mungkin akan membuat kondisi lebih buruk psikologi anak. Apa penyebab depresi? depresi biasanya disebabkan karena ada tekanan pada otak seseorang hingga tidak bisa berfikir jernih, depresi tidak disebabkan oleh penyebab tunggal, melainkan kombinasi dari banyak faktor seperti genetik, lingkungan, psikologis, keadaan sekarang, sejarah masa lalu, dan juga faktor resiko lainnya, seperti itulah penjelasan singkat mengenai penyebab depresi.

Lalu bagaimana cara agar tidak stres atau depresi? ketika sobat mengalami tekanana pada otak yang terlalu berat (memikirkan yg terlalu rumit) hendaklah sobat sebisa mungkin untuk tidak memikirkan masalah tadi seserius mungkin, sobat bisa mengatasinya dengan kegiatan yang sobat sukai, cara menghilangkan stres ini terbukti ampuh untuk meredakan beban pikiran, mungkin cara ini bisa sobat lakukan sebagai salah satu cara menghilangkan stres.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah gangguan depresi pada anak-anak seperti dikutip dari coolhealthtips, Selasa (03/04/2012), antara lain:
  1. Memberikan anak-anak Anda dengan diet gizi seimbang. makanan sehari-hari anak harus mengandung karbohidrat dan protein. Jika Anda hanya memberikan makanan yang mengandung karbohidrat saja, kemudian setelah beberapa jam ketika kalori telah dibakar, anak akan cepat habis.
  2. Beberapa perubahan dalam diet anak juga dapat menyebabkan depresi.
  3. Ketika anak-anak mulai terlihat frustasi untuk beberapa alasan, membimbing anak Anda untuk mengambil napas dalam-dalam dan lalu buang napas untuk melepaskan depresi tubuh.
  4.  Anak laki-laki selalu menyukai cokelat dan makanan manis lainnya yang kadang-kadang memicu alergi. Alergi pada anak dapat menyebabkan depresi ringan.
  5. Sentuh perawatan lembut dan ibu diperlukan untuk mencegah depresi pada anak-anak. Memijat leher, lengan dan kembali dengan anak yang lembut dalam waktu santai sambil menonton kartun favorit anak-anak.
  6. Pastikan anak Anda untuk berpartisipasi dalam beberapa kegiatan, seperti bersepeda atau bermain di taman bersama teman-temannya. Hal ini akan membantu anak untuk tetap energik.

Tampilkan Komentar