Jenis Jahe

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   2/08/2017
Jahe merupakan tanaman obat dalam bentuk rumpun quasi-berbatang. Jahe berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India ke Cina. Oleh karena itu, kedua negara ini disebut-sebut sebagai pertama kalinya bangsa memanfaatkan terutama sebagai jahe minuman, rempah-rempah dan obat-obatan tradisional.

Jahe termasuk dalam suku-temuan (Zingiberaceae), sefamili dengan temuan lainnya seperti temu-kunyit (Curcuma xanthorrizha), temu hitam (Curcuma aeruginosa), kunyit (Curcuma domestica), kencur (Kaempferia galanga), lengkuas (Languas galanga ) dan -lainnya lainnya.
  • Jenis jahe:
jahe dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan ukuran, bentuk, dan plimpangnya warna.


1.) Jahe Jahe Putih atau Kuning Besar
Putih atau kuning jahe jahe jahe besar juga disebut gajah atau badak jahe. Besar dan gemuk rimpang, segmen rimpang lebih meningkat dibandingkan dengan dua varietas lainnya. Jenis jahe dapat dikonsumsi baik saat muda atau tua. Dapat digunakan dalam bentuk jahe atau jahe olahan segar. dan juga manfaat dari kulit manggis


2.) Jahe atau jahe Putuh kecil Kunung
Jahe kecil jahe putih atau kuning juga disebut film jahe atau jahe. Ruasnya kecil, datar aga untuk sedikit cembung. Jahe bisa dipanen setelah usia tua. kandungan minyak esensial yang lebih besar dari jahe, jadi rasanya serat lebih pedas dan lebih tinggi. Jahe ini cocok untuk ramuan obat-obatan atau diektrak menjadi oleoresin dan minyak esensial.

3.) Jahe Merah
rimpang jahe merah merah dan lebih kecil dari jahe putih kecil, jahe merah selalu dipanen setelah usia tua. Jahe mengandung minyak atsiri tinggi dibandingkan dengan 2 klon lainnya, sehingga cocok untuk ramuan obat sejak jahe pertama digunakan sebagai obat, atau bumbu dan berbagai keperluan lainnya, jahe dapat merangsang kelenjar pencernaan, baik untuk membangkitkan nafsu makan dan pencernaan. Jahe digunakan sebagai bumbu dalam memasak terutama berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan, memperkuat lambung, dan memperbaiki pencernaan. Hal ini dimungkinkan karena lendir perut terangsangnya selaput yang dikeluarkan oleh minyak esensial dari rimpang temulawak.


4.) Jahe Kuning
Jahe banyak digunakan sebagai bumbu masakan, terutama untuk konsumsi lokal. Rasa dan aromanya cukup tajam, menengah rimpang kuning berukuran.


5.) Jahe Gajah
Jahe digunakan sebagai campuran makanan, minuman, kosmetik dan bahan baku di kegiyatan industri. Kegiatan industri lebih cepat dari obat modern, teradisional dan industri lain yang bermunculan dengan menggunakan bahan baku jahe cenderung permintaan komoditas menyababkan meningkat dari tahun ke tahun. jahe Berpospek tidak hanya di dalam negeri tetapi juga memiliki peluang besar untuk diserap oleh pasar internasional. Jahe sebagai komoditas ekspor potensial disampaikan dalam bentuk segar, kering, acar, minyak esensial dan oleoresin.

Tampilkan Komentar