Kegiatan Bayi dalam Kandungan

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   2/15/2017
Bayi dalam kandungan saat janin yang belum lahir sebenarnya disebut. Ketika lahir itu berubah menjadi bayi disebut. Namun, kita sering menyebutnya bayi yang belum lahir sekalipun. Janin dalam kandungan adalah persona pribadi atau baru yang memiliki keunikan tersendiri dan sihir dalam kegiatan kehidupan di rahin (intra-uterine).

Sangat menarik jika kita mempertimbangkan gerakan janin dalam kandungan melalui layar USG Monitor. Apa kegiatan janin dalam kandungan?

1. Apakah selama dalam kandungan janin dapat mendengar?

Memasuki usia kehamilan enam bulan atau 24 minggu janin mampu mendengar. Dan apa yang ia dengar? Semua kegiatan di dalam tubuh ibu menjadi irama nada indah bagi janin. Sambil berbaring dengan nyaman di dalam rahim, janin mendengar detak jantung ibu, suara usus, dan berbagai macam suara saat ia bermain air ketuban. Bagi wanita hamil, disarankan untuk memberikan rangsangan positif dari luar tubuh dan menjaga setiap ucapan, menghindari suara keras pertengkaran antara suami dan istri. Bahwa janin tidak mengalami stres.

2. Setiap kali janin dan selera suka merokok rasa?

Bila dilihat pada layar monitor, usia janin 16 minggu janin sudah mulai berpetualang dengan kemampuannya untuk menyesap rasa cairan ketuban dan dia gerak mulut mengisap. Kecerdasan janin awal menikmati sensasi mulai tumbuh.

3. Setiap kali janin sensitif terhadap cahaya dari luar?

Aktivitas bayi dalam kandungan. Usia empat bulan janin sensitif terhadap cahaya. Meskipun suasana gelap rahim, janin mampu membedakan ketika ada rangsangan cahaya terang dari luar tubuh ibu. Para peneliti mencoba untuk merangsang mata janin dengan memberikan sinar menyinari perut, mata janin mengerjap dan tampak ketika cahaya diarahkan ke wajah.

4. Setiap kali janin dapat menggunakan indera peraba?

Pada usia kehamilan 4-5 bulan janin sudah bisa merasakan sensasi pada permukaan tubuh dan kulit. Ketika bibirnya menyentuh janin dapat membuka gerakan bibir dan tampak mengisap. Ketika menyentuh di tangannya menggenggam janin akan bereaksi.

5. Janin Apa yang harus dilakukan ketika mengalami ketegangan atau stres dalam rahim?

Ketika seorang wanita hamil mengalami ketegangan mental dan tekanan psikologis selama kehamilan, janin dalam rahim dapat dipengaruhi. gerakan janin yang berlebihan, mudah timbul kram atau disebut kontraksi di rahim ibu. Bahkan untuk terjadinya potensi persalinan prematur atau ketuban pecah dini. Janin juga bisa mengeluarkan tinja dalam kandungan dan mencemari perairan.
Apa yang wanita hamil harus hati-hati untuk kebaikan janin dalam rahim? 

  1. Menerima tegak semua perubahan tubuh, saat menjalani naik turunnya kehamilan.
  2. Menjaga kesehatan dan kebugaran dengan kegiatan yang tidak melelahkan.
  3. Menjaga asupan makanan bergizi untuk pertumbuhan janin dalam kandungan.
  4. Menjaga suasana hati dan pikiran tenang sejak bayi dikonfirmasi hamil.
  5. Menjaga hubungan yang harmonis antara suami dan istri, hindari kekerasan dalam rumah tangga.
  6. Memberikan rangsangan musik lembut di dinding perut ibu, doa nyanyian, suami dan istri sering menstimulasi bayi, perut ibu menyentuh dengan sapuan lembut ketika berbicara dengan janin dalam kandungan.

Tampilkan Komentar