Manfaat Kacang Almond Untuk Menunda Lapar

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   2/18/2017
Peningkatan gula darah adalah ancaman serius yang dihadapi oleh pasien diabetes jika dimakan terlalu banyak. Almond bisa mencegahnya, karena makanan ini cukup manjur untuk menunda rasa lapar dan juga cocok untuk dimakan sebagai diet.

Dilihat dari indeks glikemik rendah, termasuk almond lambat dicerna makanan dalam saluran pencernaan. Semakin rendah indeks glikemik, peningkatan kadar gula darah meningkat lebih lambat sehingga aman bagi penderita diabetes.

Beras dan karbohidrat lain sumber yang memiliki indeks glikemik tinggi cenderung dicerna dan diserap lebih cepat. Selain menciptakan lonjakan kadar gula darah yang tinggi, sifat ini juga membuat perut lebih cepat sehingga merasa lapar lagi.

Makanan dengan indeks glikemik rendah seperti almond bermanfaat ketika harus menghindari lonjakan kadar gula darah seperti pada pasien diabetes, serta yang membatasi asupan kalori saat diet misalnya. Alam yang dapat menunda rasa lapar membuat makanan sangat dianjurkan.

Manfaat almond untuk menunda lapar. Untuk orang dengan diabetes, manfaat almond telah dibuktikan oleh Profesor Richard Mattes dari Purdua University di Indiana, Amerika Serikat. Dengan menggabungkan almond alami pasien menu sarapan, tidak lapar cepat muncul sehingga menghindari makan berlebihan.

"Peserta yang makan almond cenderung merasa kenyang lebih lama setelah sarapan dan makan siang, dibandingkan dengan partisipan yang tidak memiliki sarapan dengan makanan indeks glikemik rendah," kata Prof Mattes seperti dikutip Telegraph, Jumat (06/04/2012).

Ketika diet lebih terkontrol, maka peningkatan kadar gula darah yang dapat menyebabkan hiperglikemia tiba-tiba atau kelebihan glukosa. Dalam jangka panjang, hiperglikemia dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan ke berbagai organ seperti mata, ginjal dan jantung.

Tampilkan Komentar