Mencegah Obesitas Pada Bayi

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   2/15/2017
Wanita hamil yang memiliki masalah berat badan cenderung melahirkan bayi gemuk pula. Sebaliknya dicegah dengan diet sehat dan olahraga, para ilmuwan sekarang menguji obat pencegahan obesitas di dalam rahim.

Uji soba dilakukan pada 400 wanita hamil yang kelebihan berat badan atau kegemukan di 4 kota di Inggris yaitu Liverpool, Coventry, Sheffield dan Edingburgh. Obat yang digunakan adalah metformin, yang telah digunakan untuk mengobati diabetes.

Menurut para ilmuwan dari Universitas Edinburgh yang menguji minum metformin pada trimester kedua kehamilan dapat mencegah obesitas pada bayi. Kemudian obat ini akan ditujukan untuk wanita hamil yang kelebihan berat badan, karena risikonya lebih tinggi untuk pengiriman lemak bayi.

Obat untuk menncegah obesitas pada bayi. Bayi yang lahir dari obesitas menjadi perhatian para ilmuwan, karena saat tumbuh dewasa berisiko 2 kali lebih besar untuk obesitas. Berbagai penyakit kronis mulai dari diabetes dengan gangguan jantung dan pembuluh darah dapat meningkatkan risiko obesitas.

Selain mencegah bayi lemak lahir, obat ini juga diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat lain bagi wanita hamil dan janin mereka. Ini termasuk mengurangi risiko bayi lahir mati atau lahir mati, risiko kematian ibu dan risiko masalah jantung.

Sejauh ini, penggunaan metformin pada wanita hamil tidak terbukti memicu efek buruk pada pertumbuhan janin. Namun, pengujian penggunaan obat ini untuk mencegah obesitas pada rahim masih dianggap tidak tepat, karena pencegahan adalah diet terbaik dan olahraga.

Tampilkan Komentar