Penyakit Jantung Dapat Menyang Orang Berbadan Kurus

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   2/15/2017
Orang-orang yang memiliki tubuh kurus kadang berpikir dirinya bebas dari risiko penyakit jantung. Tapi tidak seperti itu, karena meskipun ia sebenarnya tubuh kurus tetap berisiko memiliki lemak jantung. Para peneliti menemukan orang yang memiliki sedikit lemak subkutan, atau lemak di bawah kulit (tipis), pada dasarnya masih memiliki lemak visceral.

"Lemak visceral akan terbentuk di sekitar jantung dan organ lain yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan kegagalan organ," kata David Karasik, PhD, peneliti dan direktur Institut Harvard yang berafiliasi untuk Aging Research, seperti dikutip dari Menshealth, Selasa (3 / 4/2012).

Hal ini karena peneliti telah mengidentifikasi varian gen yang berhubungan dengan peningkatan kadar LDL (kolesterol jahat), menurunkan HDL (kolesterol baik) dan meningkatkan resistensi insulin.

"Orang-orang yang secara genetik kurus tapi masih memiliki varian gen ini saja akan membangun banyak lemak visceral, terutama jika konsumsi junk food," kata Karasik.

Kurus memiliki risiko untuk penyakit jantung. Selain itu, orang-orang yang memiliki tubuh kurus tidak selalu rendah kolesterol, karena kolesterol adalah lemak dalam darah dan bukan satu di bawah kulit. Adapun orang-orang yang kelebihan berat badan atau obesitas cenderung memiliki kadar kolesterol tinggi karena resistensi insulin yang ia membuat metabolisme lemak berubah.

Untuk mengurangi kadar lemak visceral adalah salah satunya adalah untuk makan banyak serat dari buah-buahan dan sayuran seperti apel, sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Tampilkan Komentar