Anoreksia Mudah Terjadi Pada Pria

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   3/11/2017
Selama ini, anoreksia atau obsesi berlebihan untuk tipis berkait tidak makan lebih banyak biasanya diderita oleh gadis-gadis remaja. Namun dalam 10 tahun terakhir, gangguan makan ini juga semakin diderita oleh laki-laki.

Tidak tanggung-tanggung, data yang tercatat oleh National Health Service (NHS) di Inggris menunjukkan jumlah penderita anoreksia adalah laki-laki naik 3 kali lipat dalam 10 tahun terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa banyak orang mulai bergabung di tipis menganggapnya menarik.

Anorexia adalah lebih umum pada laki-laki. Data yang dirilis oleh NHS baru-baru ini menunjukkan, 74 pria muda berusia 14 tahun dan di bawah dirawat di rumah sakit pemerintah di tahun 2011. Gambar telah melonjak lebih dari 3 kali lipat dibanding tahun 2001 yang hanya 24 pasien.

Demikian pula dengan kelompok usia lainnya, jumlah keseluruhan orang dengan anoreksia seluruh Inggris dicatat oleh NHS pada tahun 2011 telah mencapai 228 pasien. Dan seperti dikutip dari Thesun, Selasa (2012/04/10) jumlah pada tahun 2001 hanya sekitar 108 pasien.

Jumlah sebenarnya bisa lebih besar, karena NHS hanya catatan data pasien yang dirawat di rumah sakit pemerintah. Pasien yang melakukan konsultasi dan dirawat oleh dokter swasta dan klinik swasta belum termasuk dalam perhitungan ini.

Analis menilai kesehatan, tren ini tidak lain adalah hasil dari eksposur media terlalu kuat pada citra tubuh yang dianggap menarik. Sama seperti wanita, pria selalu digambarkan lebih menarik jika tubuh semakin langsing.

calon lainnya mengatakan meningkatnya jumlah laki-laki muda dengan anoreksia disebabkan oleh stres. Tuntutan guru dan orang tua untuk belajar sepanjang waktu untuk mengurangi waktu untuk bermain dan bergaul, sehingga remaja gangguan makan sebagai akibat langsung dari stres

Tampilkan Komentar