Cara Mengetahui Minat Dan Bakat Anak Autis

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   3/08/2017
Orang tua yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus seperti autisme harus jeli dalam mengenali potensi dan bakat anak-anak mereka sejak dini. Hal ini menjadi penting untuk menentukan masa depan dan kehidupan mereka. apa itu autis? Autis adalah kelainan perkembangan sistem saraf pada seseorang yang kebanyakan diakibatkan oleh faktor hereditas dan kadang-kadang telah dapat dideteksi sejak bayi berusia 6 bulan. Deteksi dan terapi sedini mungkin akan menjadikan si penderita lebih dapat menyesuaikan dirinya dengan yang normal.

Masih bingung bagaimana caranya melatih dan merangsang anak autis supaya menjadi bisa berbicara, beginilah cara melatih dan menstimulasi anak berbicara:

  • Ajak Bermain
  • Gunakan kalimat pendek
  • Ajak anak membaca buku cerita
  • Sring Ajak Si Kecil Berkomunikasi
  • Tanggapi Ocehannya dan Perbaiki
  • Sesuaikan maksud pembicaraan sobat dengan anak
  • Sediakan waktu khusus tanpa suara lain di rumah
Setelah menemukan bakat anak, langkah berikutnya adalah untuk menempatkan anak-anak ke pendidikan kejuruan. Konsep pendidikan lebih mengandalkan skill atau keterampilan dan tujuan melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas dan terampil.

Triguna berpendapat, pendidikan kejuruan adalah pendidikan yang paling ideal untuk anak-anak seperti itu perlu khusus, autisme. Karena anak autis tidak menyeimbangkan antara IQ dan EQ.

"Banyak anak-anak dengan autisme IQ tinggi tetapi tidak fungsional," katanya.

pendidikan kejuruan dapat diberikan saat anak berusia setidaknya 10 tahun. Pada anak-anak dengan autisme, ia harus memilih apakah mengikuti pendidikan formal atau kejuruan. Meskipun ada beberapa anak autis yang bisa menjalankan pendidikan formal dan kejuruan secara bersamaan.

"Itu tergantung pada kasus per kasus. Tapi lebih baik untuk memilih salah satu," katanya.

Mengingat tingkat mengajar anak autis dalam berbagai pendidikan kejuruan. Mulai dari yang sederhana sampai yang berat. Misalnya, membuat adonan kue untuk grafis rekayasa.

Meskipun idealnya diberikan pendidikan kejuruan sejak anak-anak berusia 10 tahun, tapi sayangnya, di Indonesia, ada pendidikan kejuruan baru di tingkat universitas. dan SMA / SMK. SMP (SMP) dan sekolah dasar (SD) tidak bekerja.

"Sedangkan untuk pendidikan kejuruan dari anak-anak autis adalah cara terbaik untuk menentukan kebenaran hidup mereka.

Tampilkan Komentar