Cara Menghindari Pembengkakan Payudara Saat Menyusui

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   3/10/2017
Menjadi hal yang biasa ketika payudara ibu menjadi lebih besar dan lebih berat ketika di menyusui, karena produksi susu umumnya akan cenderung meningkat. Tapi masalahnya adalah, kadang-kadang kepenuhan ini dapat berubah menjadi bengkak dan terasa sangat keras dan menyakitkan.

Dalam kondisi ini, pembengkakan payudara biasanya disertai dengan demam ringan dan bahkan infeksi. Pembengkakan biasanya terjadi selama ketiga untuk hari kelima setelah lahir, tetapi juga dapat terjadi setiap saat.

Oleh karena itu, penting untuk mencoba mencegahnya sebelum benar-benar terjadi. Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk mencegah pembengkakan payudara, seperti dikutip situs womenshealth.gov, salah satu bagian dari AS Departemen Kesehatan, yang berfokus pada pelayanan kesehatan perempuan:

1. Sering menyusui ASI setelah melahirkan. Biarkan bayi menyusu selama yang dia suka, selama bayi Anda minum ASI dengan baik dan mengisap secara efektif. Pada minggu-minggu pertama setelah melahirkan, Anda harus membangunkan bayi Anda untuk memberi makan setelah empat jam sejak awal pemberian makanan terakhir.

2. Bekerja sama atau meminta konsultan laktasi untuk membantu meningkatkan menyusui cara.

3. Menyusui lebih sering pada payudara yang menyakitkan untuk menghapus ASI. Dalam rangka untuk menjaga payudara bergerak bebas, dan menghindari jatuh payudara terlalu penuh.

4. Hindari penggunaan berlebihan dari dot, dan botol gunakan untuk membantu proses menyusui.

5. Pegang payudara dengan tangan lembut dan pompalah sedikit susu untuk melembutkan payudara, areola (daerah gelap di sekitar puting), dan puting sebelum menyusui.

Tampilkan Komentar