Jenis Kanker Payudara

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   3/10/2017
Apa yang disebut dengan kanker payudara saat ini terdiri dari 10 jenis penyakit. Kategorisasi ini dapat meningkatkan efektivitas pengobatan dengan memberikan obat sesuai dengan jenis kanker payudara, juga memprediksi kelangsungan hidup pasien lebih akurat.


Penelitian ini dipublikasikan jurnal Nature, adalah untuk membandingkan kanker payudara di dunia saat ini. Menurut para peneliti, tes yang digunakan di rumah sakit hari ini cukup luas untuk memilah-milah kanker payudara. Temuan ini memberikan pemetaan yang lebih rinci dari kanker payudara sehingga memungkinkan untuk menemukan beberapa jenis kanker payudara.



"Kanker payudara tidak hanya satu jenis penyakit, melainkan terdiri dari 10 jenis penyakit. Temuan kami akan membuka jalan bagi dokter di masa depan untuk mendiagnosa jenis kanker payudara yang dimiliki oleh seorang wanita, obat apa yang efektif atau tidak , dan pengobatan jauh lebih tepat daripada ada saat ini, "kata pemimpin peneliti Profesor Carlos Caldas, seperti dilansir BBC, Jumat (20/4/2012).



Saat ini, kanker payudara diklasifikasikan berdasarkan hasil pemeriksaan mikroskopis dan tes penanda tumor. Kanker yang memiliki 'reseptor estrogen' akan merespon tamoxifen terapi hormonal, sementara mereka dengan 'Her2 reseptor' dapat diobati dengan Herceptin.



Pada sebagian besar kanker payudara, lebih dari 70% kasus merespon terapi hormon. Namun, reaksi sangat bervariasi. Menurut prof Caldas, beberapa perawatan bekerja dengan baik, sementara beberapa benar-benar membuatnya lebih buruk. Jenis-jenis kanker payudara memerlukan klasifikasi yang lebih baik.



Prof Caldas mengamati sampel beku dari kanker payudara 2.000 wanita di Inggris dan rumah sakit Kanada. Dia dan timnya melihat ke dalam sel-sel tumor rinci genetik bermutasi. Penelitian menunjukkan bahwa sel normal berubah menjadi kanker dengan cara yang berbeda dan dapat dikelompokkan ke dalam 10 kategori. Para peneliti menyebutnya IntClust 1 sampai 10.



"Ini adalah studi terbesar untuk melihat secara rinci genetika tumor payudara. Temuan akan mengubah cara kita melihat kanker payudara dan memiliki dampak yang sangat besar dalam mendiagnosis dan mengobati kanker payudara. Ini merupakan studi yang sangat penting," kata Dr Harpal Kumar , CEO Cancer Research UK yang mendanai penelitian.



Para peneliti pertama harus membuktikan bahwa pengelompokan 10 jenis kanker payudara sebenarnya bermanfaat bagi pasien sebelum dapat digunakan secara luas oleh dokter. Proses ini diperkirakan akan memakan waktu 3-5 tahun.

Tampilkan Komentar