Kebiasaan Buruk Orangtua Yang Mempengaruhi Kesehatan Anak

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   3/08/2017
 Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi bayinya. Tapi kadang-kadang tanpa disadari ada beberapa hal yang sering dilupakan orang tua untuk mengajar anak-anak mereka.

Meskipun kebanyakan orang tahu bagaimana untuk memiliki gaya hidup sehat, tetapi hanya sedikit orang yang menjalaninya. Jika orang tua tidak memiliki gaya hidup sehat, maka anak secara otomatis akan meniru dan mengikuti gaya orang tuanya. Dan jika Anda sudah sejak kecil kebiasaan sehat yang akan terbawa hingga dewasa.

1. Melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan terbukti sangat membatasi pengembangan dan kemampuan untuk belajar anak, berhubungan dengan obesitas dan membuatnya lamban, kurang konsentrasi dan mudah tersinggung.

Orang tua harus mulai menyisihkan sedikit waktu untuk sarapan. Dalam sarapan tidak harus makan makanan besar, tapi yang paling penting itu mengandung protein dan karbohidrat seperti sereal tinggi serat dan susu rendah lemak atau roti gandum dan telur rebus.

2. Tidak seperti makan buah dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran mengandung nutrisi yang melimpah dan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit. Tapi kebiasaan orang tua yang tidak suka makan buah-buahan dan sayuran dapat membuat anak Anda memiliki kebiasaan itu.

Untuk yang memiliki semangkuk buah dan beberapa sayuran segar di lemari es. Hal yang lebih penting adalah untuk membuat kebiasaan mengemil buah-buahan dan sayuran di depan anak dan menikmatinya.

3. Latihan Tidak rajin

Olahraga sangat penting untuk anak-anak karena dapat meningkatkan keterampilan koordinasi mereka, mempertajam pikiran, meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi kecemasan dan stres. Orang tua yang tidak rajin berolahraga akan membuat nya malas berolahraga.

Cobalah untuk memasukkan lebih banyak aktivitas dalam rutinitas keluarga sehingga anak-anak berpartisipasi. Contoh dengan menjadi aktif secara fisik akan menciptakan keluarga yang sehat.

4. Kurang tidur

Tidur membantu anak-anak untuk tumbuh, berkembang dan berfungsi secara optimal, jika kurang tidur dapat membuat anak-anak berisiko obesitas, masalah perilaku dan penyakit lainnya. Orang tua perlu menanamkan rutinitas tidur yang teratur dan memiliki batas jam malam untuk menonton televisi dan bermain video game.

Setiap anak memiliki kebutuhan tidur berbeda-beda tergantung pada usia dan tingkat aktivitas. Jika seorang anak tidak sulit untuk bangun di pagi hari kemudian ia mendapat cukup tidur.

5. Tidak digunakan mencuci tangan

Cuci tangan diketahui menjadi cara mudah untuk mencegah beberapa penyakit seperti infeksi akibat E. coli, dan giadia Salmonella. Jika orang tua digunakan untuk selalu mencuci tangan Anda dan kemudian anak akan mengikuti kebiasaan ini terbawa sampai dia dewasa.

Biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah memegang hewan, sebelum dan sesudah menangani makanan mentah, dan setelah batuk atau bersin.

Tampilkan Komentar