Makanan Bayi Buatan Sendiri Lebih Baik

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   3/12/2017

Saat ini, berbagai produk makanan bayi yang memiliki berbagai toko praktis dan banyak tersedia di. Namun, kemudahan dan ketersediaan tidak berarti bahwa orang tua harus selalu memberikan produk-produk untuk bayi mereka. Membuat makanan bayi Anda sendiri jauh lebih sehat.

Tidak hanya lebih percaya diri dengan kandungan nutrisi, makanan bayi buatan sendiri juga memiliki banyak manfaat. Seperti dilansir Fox News, Kamis (2012/04/26), berikut adalah 8 manfaat membuat makanan bayi Anda sendiri:

1. Lebih dikontrol
"Ketika membuat makanan bayi Anda sendiri, memutuskan apa yang akan dimasukkan jadi pastikan bahwa bahan-bahan yang masih segar dan sehat. Membuat makanan bayi sendiri juga jauh lebih menyenangkan daripada membeli produk makanan bayi di toko-toko," kata Karen Ansel, juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics.

2. Lebih bergizi
Meskipun produk yang dibeli di toko makanan panas dimasak pada suhu yang sangat tinggi untuk membunuh bakteri, proses dapat mengubah kandungan mineral. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry, makanan bayi yang dibeli di toko-toko yang mengandung kurang dari 20% dari jumlah yang disarankan.

Sebagian besar produk yang dijual di banyak toko-toko juga mengandung zat tepung, aditif dan pengawet. Selain itu, produk ini juga tidak menggunakan bahan organik yang memungkinkan isi pestisida berbahaya.

3. Biarkan lebih banyak pilihan
Beberapa produk di toko memang menawarkan berbagai rasa atau jenis yang menarik. Tetapi jika Anda membuat makanan bayi Anda sendiri, bahan ini jauh lebih banyak pilihan. Membuat makanan bayi Anda sendiri juga dapat menentukan variasi mereka sendiri tekstur makanan. Ketika bayi 9-bulan-tua, dapat menambahkan berbagai bumbu dan rempah-rempah untuk menambah rasa.

"Dengan memberikan bayi awal berbagai rasa yang berbeda, akan meningkatkan kemungkinan bahwa bayi dapat menerima berbagai jenis makanan daripada memberi makanan yang sama berulang-ulang. Lidah bayi akan lebih fleksibel," kata Ansel.

4. Tidak ada masalah
Membuat makanan bayi Anda sendiri tidak mengambil waktu yang lama. Jika Anda ingin membuat dalam jumlah besar, sesuaikan dengan alat dan penyimpanan. Ketika bayi pada usia 7 bulan, semua buah-buahan kecuali apel dapat diberikan dalam bentuk bubur atau langsung diberikan tanpa memasak, kecuali ada larangan dokter.

5. Bayi jadi tidak pilih-pilih
Pemberian makanan bayi buatan sendiri sejak usia dini sangat mengurangi kesempatan bahwa bayi tumbuh menjadi pemilih makanan. Biasanya, bayi berusia 1 tahun yang suka untuk menolak jenis makanan akan membuat lebih mungkin terhambat untuk memilih makanan. Jika bayi terus menawarkan berbagai macam makanan, hasil dari kerja keras akan melunasi dalam jangka panjang.

6. Bisa langsung menambahkan sayuran
Jika bayi memiliki kesenangan makan buah-buahan dan sayuran, maka bayi akan lebih kuat dalam perkembangannya. Dengan rasa, lihat, dan bau rasa alami dari makanan bayi buatan sendiri, bayi akan terbiasa dengan makanan segar.

7. Waktu makan akan menjadi acara yang menyenangkan
Orang tua adalah nomor satu pengaruh dalam membentuk kebiasaan makan anak-anak. Sebagai pertumbuhan bayi menjadi pra balita, orang tua dapat membuat makanan sehat yang sama seperti yang disajikan untuk seluruh keluarga.

Makan dengan bayi tidak selalu benar. Tapi jika Anda dapat melakukannya beberapa kali seminggu atau membiarkan bayi mengambil makanan mereka beberapa potong, akan menyederhanakan kegiatan makan di masa depan.

8. Pembelian makanan bayi sebaiknya tidak terlalu sering
Orang tua kadang-kadang tidak dapat membuat makanan bayi Anda sendiri sepanjang waktu. Jadi, tidak apa-apa jika Anda membeli makanan bayi di toko jika kekurangan waktu, jauh dari rumah atau saat berlibur. Pastikan untuk membaca label karena tidak semua merek yang sama dan memilih organik untuk menghindari kontaminasi pestisida.

"Jika bayi makan sesuatu yang mengandung pestisida di dalamnya, berat badannya akan turun lebih dan lebih, jauh lebih banyak daripada jumlah pestisida yang terkandung dalam makanan.

Tampilkan Komentar