Makanan Untuk Kesehatan Mulut

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   3/11/2017
Kondisi gigi dan mulut yang sehat akan membuat Anda senyum yang indah. senyum yang indah dapat diperoleh dengan rajin menggosok gigi gigi begitu putih, gusi sehat dan nafas segar. Selain menyikat gigi, Anda dapat mempercantik senyum dengan beberapa jenis makanan.

Berikut adalah 4 makanan yang bisa mempercantik senyum Anda,:

1. Yogurt

Penyebab utama bau mulut, plak dan penyakit gusi adalah penumpukan bakteri. Menurut penelitian, makan bebas gula plain yogurt sebanyak 6 ons sehari dapat membantu melumpuhkan kuman yang hidup di antara gigi.

"Yogurt mengandung bakteri baik yang dapat membantu melawan bakteri di mulut," kata Christine D. Wu, Ph.D., seorang profesor kedokteran gigi anak di University of Illinois di Chicago College of Dentistry.

Orang yang makan yoghurt empat kali atau lebih dalam seminggu cenderung memiliki masalah dengan gigi berlubang. Untuk mempermanis yoghurt plain, tambahkan beberapa tetes madu, yang juga mengandung senyawa yang dapat menghambat bakteri.

2. Ikan

ilmuwan Harvard telah meneliti hubungan asam lemak omega-3 dalam ikan dengan penyakit gusi. Asam lemak omega-3 dapat mengurangi peradangan yang terjadi ketika bakteri mengiritasi gusi.

3. Buah dan Sayuran

"Apel, seledri, dan wortel yang kaya serat dapat merangsang air liur, yang berisi antimikroba untuk melawan bakteri," kata Timothy Chase, seorang dokter gigi di New York.

Mengunyah buah-buahan seperti apel dapat membantu memberikan pijatan dan meningkatkan sirkulasi darah di gusi Anda. Penelitian lain menunjukkan bahwa vitamin C dalam buah jeruk dapat membantu menjaga kesehatan gusi.

4. Keju

Seperti susu, keju adalah sumber kalsium dan vitamin D merupakan nutrisi penting untuk membangun gigi yang kuat. Bahkan ada bukti bahwa mengunyah keju dapat membantu menetralkan asam enamel kupas gigi, dan itu berarti akan mengembalikan gigi putih alami.

Tampilkan Komentar