Manfaat ASI Bagi Bayi Prematur

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   3/10/2017
Bayi yang lahir prematur harus mendapatkan perlakuan khusus. Namun ternyata bayi cepat prematur mendapatkan ASI, semakin besar manfaat yang bisa diperoleh.

Studi dari University of Oxford menemukan bayi tidak memiliki risiko tinggi masalah berat dalam usus terkena jika ia mendapat ASI dini, ASI biasanya diberikan melalui tabung.

Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Pediatrics menemukan sekitar 400 bayi lahir 5 minggu lebih awal dari jadwal yang sebenarnya, dan sebagian besar dari bayi ini membutuhkan beberapa perawatan khusus karena adalah masalah yang dapat mengancam jiwa.

Seperti diketahui berisiko tinggi bayi prematur rentan terhadap masalah usus yang parah termasuk kondisi necrotising enterocolitis (NEC), kondisi ini kekhawatiran dicegah dengan menunda pemberian makanan pertama.

Dalam penelitian ini peneliti mendaftarkan bayi dari 54 rumah sakit di seluruh Inggris dan Irlandia. Sekitar setengah dari susu bayi ini diperkenalkan pada hari kedua dari kehidupan, sementara separuh lainnya diberi pada hari keenam.

Manfaat ASI untuk bayi prematur. Penelitian yang dipimpin oleh Dr Alison Leaf dan Professor Peter Brocklehurst menyimpulkan bahwa bayi mendapatkan susu sebelumnya yaitu sekitar 24-48 jam pertama setelah lahir untuk mendapatkan manfaat besar.

"Menyusui bayi adalah sebuah tantangan karena organ mereka termasuk usus belum dewasa atau matang," kata Dr Leaf dari Rumah Sakit Princess Anne di Southampton, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (2012/04/21).

Sementara itu Profesor Brocklehurst dari Institut Kesehatan Perempuan di University College London mengatakan makan awal pada bayi yang berisiko tinggi untuk membantu mengurangi kebutuhan untuk pengiriman perawatan melalui intravena dan infus.

Tampilkan Komentar