Manfaat ASI Sebagai Anti Kanker

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   3/22/2017

ASI diketahui mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk bayi. Ternyata salah satu kandungan protein ASI sebagai sifat anti-kanker.

Studi menunjukkan tingkat protein yang tinggi apoptosis terkait TNF merangsang ligan (TRIAL) dalam susu manusia merupakan salah satu sumber aktivitas anti-kanker dari ASI.

Para peneliti mengambil sampel dari kolostrum (susu pertama yang keluar dari bayi baru lahir), dan air susu ibu dari wanita yang menjadi ibu. Kemudian para peneliti juga mengambil sampel darah dari wanita sehat dan susu formula.

Ibu yang terlibat dalam penelitian ini telah diuji dan memenuhi syarat di muka untuk tidak menunjukkan tanda-tanda eklampsia, infeksi atau demam, sehingga mereka dapat melahirkan bayi yang sehat.

Selanjutnya, peneliti mengukur kadar TRAIL dari kolostrum, ASI, darah (serum) dan susu formula. Ditemukan kolostrum dan ASI mengandung 100-400 tingkat kali lipat lebih tinggi dari TRAIL dari darah, sedangkan formula tidak ditemukan TRAIL.

"TRAIL merupakan kandidat kuat untuk menjelaskan efek biologis keseluruhan menyusui melawan kanker.

Selain itu, hasil penelitian ini juga memperkuat peran penting dalam pencegahan kanker pada anak, seperti kanker leukemia lymphoblastic, penyakit Hodgkin dan neuroblastoma banyak serangan anak-anak.

kanker anak diketahui terjadi sekitar 2-4 persen dari semua kasus kanker pada manusia dan menyebabkan 10 persen kematian pada anak-anak. kanker anak dapat disembuhkan jika ditemukan pada stadium dini.

Namun sayangnya deteksi dini kanker anak tidaklah mudah, karena anak-anak tidak dapat memahami dan menceritakan gejala yang dirasakannya. Oleh karena itu peran orang-orang di sekelilingnya yang sangat penting dalam mendeteksi gejala kanker.

Tampilkan Komentar