Manfaat Buah Stroberi Untuk Kesehatan Otak

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   3/22/2017
Stroberi harus menjadi pilihan terbaik untuk makanan otak Anda. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa makanan yang mengandung kadar tinggi flavonoid (stroberi, blueberry dan memberikan produk lainnya) dapat memperlambat penurunan fungsi kognitif otak.

Penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Neurology menemukan bahwa wanita yang makan satu porsi atau lebih bluberi atau dua porsi atau lebih stroberi seminggu bisa menunda penuaan kognitif pada otak hingga 2,5 tahun, dibandingkan dengan mereka yang makan sedikit atau tidak sekali memberikan umpan produk.

Dalam temuannya, peneliti merekrut 16.010 perempuan yang mengambil bagian dalam Nurses Health Study. Dalam studi, peneliti telah mencatat pola makan semua wanita sejak tahun 1980, dan diukur fungsi mental partisipan pada usia 70 tahun atau lebih tua dan yang tidak menderita stroke antara 1995 dan 2001.

manfaat kesehatan stroberi untuk otak. Para peneliti mengukur fungsi kognitif peserta selama wawancara telepon yang dilakukan dalam interval 2 tahun. Kemudian peserta diminta untuk menjalani tes ulang memori karena setiap percakapan baru atau ingat mendengar kata-kata atau angka. Temuan menunjukkan bahwa mereka yang makan lebih berry memiliki otak 2,5 tahun lebih muda daripada mereka yang tidak makan buah.

Para peneliti menyimpulkan bahwa asupan tinggi flavonoid, senyawa yang ditemukan dalam tanaman yang memiliki antioksidan kuat dan anti-inflamasi, terutama dari buah, fungsi dalam mencegah penurunan kognitif pada orang dewasa yang lebih tua.

Peneliti menjelaskan, stres dan peradangan (inflamasi), yang keduanya dapat berkontribusi untuk penurunan kognitif, tetapi dengan meningkatkan asupan flavonoid yang dapat ditekan.

"Kami memberikan bukti epidemiologi pertama bahwa berry dapat memperlambat perkembangan penurunan kognitif pada wanita lansia," kata pemimpin peneliti Dr Elizabeth Devore di Brigham dan Rumah Sakit Wanita dan Harvard Medical School di Boston.

"Temuan kami memiliki implikasi yang signifikan bagi kesehatan masyarakat dalam rangka meningkatkan asupan makanan memberikan modifikasi yang cukup sederhana dalam perlindungan otak fungsi kognitif pada orang dewasa yang lebih tua," tambahnya

Meskipun efek dari konsumsi terlihat memberikan sangat membantu perbaikan memori, namun para peneliti mengatakan bahwa ada makanan lain yang mengandung jumlah tinggi flavonoid seperti teh, bawang dan anggur merah.

Tampilkan Komentar