Olahraga Baik Untuk Penderita Kanker

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   3/08/2017
Sebuah penelitian terbaru menemukan kembali manfaat olahraga, khususnya pada pasien atau pasien dengan kanker payudara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik atau olahraga dapat meningkatkan kualitas kanker payudara hidup ppenderita yang tengah menjalani perawatan.

Dalam studi ini, peneliti dari University of Miami meneliti tingkat aktivitas fisik dan kesehatan mental / fisik 240 wanita dengan kanker payudara non-metastatik (kanker belum menyebar ke bagian tubuh lain), yang termasuk untuk masa studi empat 10 minggu pasca operasi.

Temuan menunjukkan bahwa wanita dengan kanker payudara yang aktif secara fisik lebih jarang mengalami depresi, tidak mudah lelah dan kualitas hidup yang lebih baik selama pengobatan kanker setelah operasi.

"Perempuan yang aktif secara fisik juga mungkin lebih percaya diri dalam kemampuan mereka untuk melanjutkan kegiatan yang berhubungan dengan keluarga, rumah, pekerjaan atau kehidupan sosial, yang memberikan kepuasan kepada kehidupan mereka," kata pemimpin studi, Jamie Stagl, psikologi kesehatan klinis.

"Olahraga tidak membuat mereka mudah merasa lelah, meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi risiko depresi," tambahnya.

Para peneliti yang sama sebelumnya telah menemukan bahwa manajemen stres dapat membantu meningkatkan pengobatan pasien kanker payudara. Temuan ini akan dirilis pada pertemuan tahunan Society of Behavioral Medicine, di New Orleans.

Tampilkan Komentar