Penyebab Terjadinya Kekambuhan Pada Epilepsi

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   3/10/2017

Epilepsi terjadi karena aktivitas listrik berlebihan di otak yang menyebabkan gerakan yang tidak terkendali. Meskipun saya tidak bisa benar-benar sembuh, tetapi penggunaan rutin obat yang dapat mengurangi kekambuhan. Ada beberapa hal yang biasanya sering memicu kekambuhan. Apa itu?

Penyebab Terjadinya kekambuhan PADA epilepsi

Kepatuhan terhadap pengobatan merupakan faktor kunci bagi orang-orang dengan epilepsi untuk dapat mencapai kualitas hidup yang baik. Tidak patuh pada pengobatan dapat menyebabkan serangan, pada anak-anak dengan epilepsi akan mengalami gangguan pertumbuhan, dan penurunan plastisitas otak.

pengobatan epilepsi diperlukan untuk mengurangi kecenderungan otak untuk mendapatkan generasi dengan mengurangi aktivitas listrik berlebihan atau mengurangi rangsangan yang diterima oleh neuron atau saraf.

"Orang-orang dengan epilepsi juga perlu menghindari hal-hal yang dapat memicu serangan," kata Dr Endang Kustiowati, SpS (K), MSI, Med, dokter neurologi RS Naidoo Semarang, pendidikan acara media 'Taat Pada Perawatan Untuk Epilepsi Terkontrol' , di JW Marriot Hotel, Jakarta, Rabu (2012/03/21).

Menurut Dr. Endang, berikut adalah beberapa hal yang dapat memicu kambuhnya pasien epilepsi, yaitu:
  • cahaya stimulasi
Pada pasien dengan epilepsi fotosensitif, stimulasi cahaya dapat memicu kekambuhan, jadi hindari sinar matahari pantuhan di atas air, penggunaan kacamata hitam, menghindari disko cahaya, video game dan refleksi televisi.
  • merokok
Merokok sering kambuh pasien epilepsi pemicu meskipun belum terbukti penelitian.

Tampilkan Komentar