Tips Agar Anak Tidak Pilih-pilih Makanan

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   3/08/2017
Ketika seorang anak adalah seperti jenis makanan, kadang-kadang sulit bagi ibu untuk memperkenalkan makanan lain yang lebih sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Anak-anak juga cenderung pemilih makanan adalah buruk bagi keseimbangan gizi.

Tips agar anak-anak tidak picky eaters. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda perhatikan bahwa anak-anak Anda tidak pilih-pilih makanan:

1. Jangan memaksa anak Anda untuk makan
"Ketika Anda makan anak Anda selama waktu makan atau ketika anak-anak menonton TV akan mengembangkan tidak suka makanan yang Anda suapkan, karena termasuk pemaksaan," Dr. Leann Birch seorang penulis buku tentang perkembangan anak.

Bahwa anak-anak tidak pilih-pilih dalam hal makanan, coba menawarkan sayuran, buah-buahan, beras merah dan sebagainya, tetapi tidak memaksa anak-anak Anda untuk makan itu. Anda juga dapat memberi contoh yang baik dengan terlebih dahulu mengonsumsi makanan ini karena anak-anak cenderung suka mengikuti kebiasaan orang tua mereka.

2. Jangan meletakkan guci berisi makanan ringan di dekat anak Anda
Kering roti dan makanan ringan disajikan dalam stoples akan menarik perhatian anak-anak. Akibatnya, anak akan melewatkan makan siang karena telah puas dengan camilan.

Buah segar lebih baik untuk anak Anda dari satu camilan yang tidak sehat. Sebaliknya, Anda dapat menempatkan sebuah keranjang berisi buah-buahan di dekat TV atau ruang bermain anak.

3. Jangan membatasi diet Anda dari anak-anak dengan makanan khusus untuk anak-anak
Saat makan keluarga, kadang-kadang memisahkan ibu makanan anak dengan menu yang berbeda dengan anggota keluarga lainnya.

Beberapa studi menunjukkan bahwa makan bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya dan membiarkan anak-anak mencoba menu yang disajikan di meja baik untuk anak Anda.

4. Mengenalkan sayuran Jangan berikan kepada anak-anak
Anak-anak mungkin langsung menolak untuk makan brokoli atau wortel yang Anda tawarkan. Tapi jangan menyerah, terus mencoba lagi dan lagi, tetapi jangan memaksa. Anda juga dapat mencampur sayuran dalam makanan favorit anak Anda begitu akrab dengan rasa.

Tampilkan Komentar