Tips Mengatasi Mata Lelah Saat Bekerja

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   3/07/2017
Duduk di komputer di ruang udara dikatakan membuat mata kering. Pendapat ini benar karena menatap komputer untuk waktu yang lama untuk membuat mata lebih jarang dilumasi. Apalagi ditambah angin dari AC membuat cairan mata lebih cepat kering.

pekerja kantor sering harus melihat layar komputer untuk waktu yang lama dengan posisi duduk yang salah. Akibatnya, distribusi otot kekuasaan kembali tidak merata dan tubuh memberatkan. Akhirnya, tubuh menjadi lelah. Pada akhirnya, yang paling terpengaruh adalah mata.

"70% dari otak yang berhubungan dengan mata, daerah korteks serebral. Proses pembelajaran dan memori juga berhubungan dengan mata. Jadi mata sangat mudah dipengaruhi oleh kondisi fisik tubuh," kata Dr. WS Gilbert simanjuntak, Sp.M (K), dan dokter mata RS PGI Cikini operasi retina dalam diskusi publik yang diadakan di radio toko KBR68H Tempo, Utan Kayu, Jakarta, Selasa (2012/04/10).

Mengalami kelelahan pada mata benar-benar datang dari kelelahan fisik, dan sebaliknya. Ditambah dengan mata kering akibat paparan udara dan menatap komputer, maka mata Anda terasa lelah.

Tips untuk mengatasi mata lelah saat bekerja. Untuk mengatasi hal ini, Dr Gilbert menyarankan bahwa menghadapkan tidak ada AC atau kipas angin ke arah mata. Juga, pastikan posisi duduk tegak sehingga otot punggung tidak cepat habis. Jika perlu, gunakan kaca mata lebar untuk menahan beban angin dari AC atau kipas angin. Jika mata Anda terasa lelah, istirahatkan mata Anda dengan menutup mata selama 5 menit. Terakhir, rajin berolahraga untuk menguatkan otot dan meningkatkan sirkulasi darah ke mata.

"Tingkat kelelahan dan berapa banyak waktu yang dihabiskan sampai mata menjadi lelah berbeda pada setiap orang. Cara sederhana lain untuk mengatasi mata lelah melihat jarak jauh. Dengan melihat obyek yang jauh seperti bangunan atau pemandangan melihat keluar akan membuat otot mata lebih rileks, "kata Dr Gilbert.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bekerja di tempat-tempat yang ketat lebih lelah daripada mereka yang bekerja di tempat yang luas. Jadi jika Anda merasa lelah di tempat kerja, tutup mata Anda selama 5 menit atau berjalan untuk sementara waktu, melihat pemandangan di luar.

Tampilkan Komentar