Bekal Makanan yang Kurang Sehat Bagi Anak

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   4/22/2017

Selamat pagi sahabat Andi Rezpati, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bekal makanan yang kurang sehat bagi anak. Para ibu rumahtangga biasa tidak menyadari bahwa makanan yang disediaakan untuk dijadikan bekal anaknya kesekolah itu kurang steril atau kurang sehat untuk anak. Untuk menghindari kudapan anak secara acak saat di sekolah, ibu sering membawa bekal makan siang untuk anak mereka. Tapi beberapa makanan yang Anda berikan sebagai bekal anak kadang kala buruk bagi kesehatan anak.

Mungkin beberapa makanan akan lebih praktis untuk dipersiapkan di pagi hari sebelum anak-anak masuk sekolah. Tapi Anda juga harus memperhatikan nilai gizi dari makanan dan kebersihan sebelum menu makan siang memlilihnya saat kecil.

5 Jenis Bekal Makanan Untuk Anak Yang Kurang Sehat:

1. Buah Biskuit
Anak-anak sangat menyukai biskuit dengan buah di dalamnya karena rasanya enak. Tapi menurut dokter gigi, biskuit buah dan permen merupakan penyebab kerusakan gigi yang menjadi nomor satu pada anak-anak.

Selain itu terkadang buah biskuit dibuat dengan menggunakan pewarna dan perasa buatan. Meski mengandung buah, biskuit buah mengandung buah asli yang telah kehilangan kandungan serat dan air aslinya yang terkandung di dalam keseluruhan buah.

2. Kue kemasan
Kue dalam kemasan mungkin lebih praktis untuk memberi anak-anak perlengkapan sekolah. Sayangnya, kue merupakan salah satu sumber lemak trans adalah jenis lemak diet terburuk.

Kue buatan sendiri akan lebih sehat karena Anda bisa memastikan sendiri ramuannya. Simpan di kulkas dan siapkan makan siang kemasan untuk anak Anda.

3. Jus kemasan
Terkadang ibu memasukkan jus yang dikemas dalam kotak atau botol ke dalam kantong anak sehingga anak tidak meminum cemilan yang tidak sehat di sekolah. Tapi ternyata paket jusnya bisa berbahaya bagi kesehatan anak Anda.

Jika gula telah dicampur dengan jus buah dan dikemas dalam bentuk, semua serat yang terkandung dalam buah akan hilang. Akan lebih baik jika Anda memasukkan seluruh buah seperti apel atau jeruk sebagai anak ke dalam tas makan siangnya.

4. Kerupuk
Anak-anak menyukai kerupuk yang renyah. Sayangnya, kerupuk tidak memberi nutrisi pada anak. Kerupuk dibuat dengan menggunakan bahan pengawet yang dimasak dengan minyak yang tidak sehat.

5. Daging Olahan
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi daging olahan seperti hot dog, chicken nugget, dan dendeng saat makan siang akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker tertentu.

Cobalah untuk menghindari daging olahan yang dikemas seperti hot dog dan sejenisnya karena mengandung pengawet makanan. Pastikan ada label 'natural' pada kemasan makanan yang Anda pilih untuk anak Anda.  Sahabat Andi Rezpati itu tadi beberapa jenis makanan yang mungkin sering dijadikan bekal untuk anaknya kesekolah, jadi saya sarankan untuk merubah menu makanan yang diatas dengan olahan makanan hasil olahan sendiri dengan mutu 4 sehat 5 sempurna.

Tampilkan Komentar