Berat Badan Bayi Dipengaruhi Berat Badan Ibu

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   4/24/2017

Selamat pagi sahabat Andi Rezpati, pada pagi hari ini saya akan mengulas sedikit mengenai faktor yang mempengarui berat badan bayi yang baru dilahirkan. Beberapa wanita melahirkan bayi dengan berat lahir lebih tinggi. Bobot bayi dapat dipengaruhi oleh gizi, kondisi kesehatan ibu, serta gen. Para ilmuwan menemukan bahwa variasi berat lahir bayi mempengaruhi gen dari ibu dan nenek, namun efeknya gen minimal dari sang ayah.

Peneliti sebelumnya telah mengetahui bahwa gen tersebut bertindak sebagai penekan pertumbuhan untuk mengurangi berat lahir. Namun sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa gen tertentu yang diwarisi dari ibu dapat membuat berat lahir bayi meningkat 93 g. Berat badan ini bisa mencapai 155 gram jika diturunkan oleh nenek dari pihak ibu.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan di American Journal of Human Genetics, Profesor Gudrun Moore dari University College London dan rekannya memeriksa sebuah gen yang disebut PHLDA2 sampai 9.500 sampel DNA dari ibu dan bayinya. Sampel ini dikumpulkan dari tiga penelitian terpisah. Periset menemukan varian gen yang disebut RS1 dapat mengubah fungsi gen, menyebabkan berat lahir bayi lebih tinggi.

"Gen memang memiliki efek yang sangat besar pada berat lahir dengan bertindak sebagai penekan pertumbuhan PHLDA2 Kami menemukan varian genetik yang berasal dari ibu dapat menyebabkan bayi terlahir pada kadar 93 gram lebih berat di atas rata-rata. Fakta bisa menimbang hingga 155 gram Di atas rata-rata rata-rata jika diwarisi oleh nenek ibu, "kata Prof. 

Variasi gen RS1 ditemukan pada sekitar 13% individu yang diteliti. Sedangkan variasi gen S2 adalah 87%. Variasi gen RS2 lebih umum dan variasi ini hanya ditemukan pada manusia. Adanya variasi gen RS1 dan RS2 dibuat bayi lebih kecil.

Periset menduga bahwa mekanisme ini adalah efek perlindungan untuk meningkatkan kelangsungan hidup ibu terhadap bayi. Artinya berat badan lahir tidak terlalu berat akan memastikan ibu selamat melahirkan.

"Meskipun penelitian ini hanya melihat bayi dengan berat lahir, ada kemungkinan varian genetik ini memiliki pengaruh pada kondisi kesehatan jangka panjang. Efek kesehatan sebagian disebabkan oleh pengaruh berat lahir dan sebagian karena faktor genetik," Kata Dr Caroline Relton dari Universitas Newcastle.

Bayi yang baru lahir umumnya memiliki berat rata-rata 3500 gram dengan panjang tubuh 48-51 cm dan lingkar kepala rata-rata 35 cm. Studi tersebut juga menemukan bahwa pengaruh gen dari ayah terhadap berat lahir bayi hampir tidak ada sama sekali.

"Gen dari ayah kurang terlibat dalam evolusi Mungkin karena kelangsungan hidup ayahnya tidak dipertaruhkan dan bisa terus bereproduksi dengan wanita lain," kata Profesor Moore. Demikian artikel yang dapat saya sampaikan aemoga bisa bermanfaat buat pata pembaca situs andi rezpati.

Tampilkan Komentar