Makanan Untuk Bayi

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   4/20/2017

Selamat pagi sahabat Andi Rezpati, pada pagi hari ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan tentang pemberian makanan untuk bayi diatas 6 bulan, dan sebaiknya makanan untuk bayi tidak berbumbu. Pemberian makanan untuk bayi berusia di atas 6 bulan harus dilakukan secara bertahap, mulai dari yang bertekstur lembut, lembek hingga padat. Begitu pula dengan rasa makanannya. Kurang dari satu tahun bayi makanan bayi tidak boleh direndam.

Hal ini karena kurang dari 12 bulan umur rasanya belum berkembang sehingga disarankan memberi makanan agar tidak menambahkan aneka bumbu. Meski tidak pedas, bahkan tidak dianjurkan diberi garam, namun si kecil tidak berarti sensasi rasa hambar karena merasa belum matang.

Pengenalan rasa gurih bisa diberikan melalui penggunaan keju atau kaldu, baik ayam, ikan, atau daging. Pada usia 8 bulan, kandungan gizi bubur dapat ditambahkan sedikit demi sedikit dengan zat lemak seperti santan dan minyak. Makanan ini bisa meningkatkan energi sekaligus rasa gurih.

Secara bertahap orang tua bisa mengenalkan variasi rasa manis, asin, dan gurih dari makanan. Variasi hidangan, baik dari pilihan atau lauk pauk, akan membangkitkan nafsu makan dan mencegah anak bosan.

Menurut Prof.Ali Khomsan, ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor, menjelaskan makanan manis jangan sampai diperkenalkan terlalu dini. "Pengenalan rasa manis akan menyebabkan permintaan agar anak menginginkan kemanisan terus menerus," katanya.

Pengenalan berbagai jenis makanan, menurut Ali, masa depan akan mencegah anak-anak dari kesulitan makan di usia lanjut sebagai pilih-pilih atau hanya ingin makan makanan dengan menu favorit. "Keanekaragaman menu juga akan menentukan kecukupan gizi. Pemberian pakan untuk bayi berusia di atas 6 bulan harus dilakukan secara bertahap, mulai dari yang bertekstur lembut, lembek hingga padat. Begitu pula dengan rasa makanannya. Kurang dari satu tahun bayi makanan bayi tidak boleh direndam. Demikian sedikit informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat buat para pengunjung situs Andi Rezpati.

Tampilkan Komentar