Manfaat Olahraga Untuk Ibu Hamil

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   4/19/2017

Selamat pagi sahabat Andi Rezpati, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Manfaat dan Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil. Setiap wanita hamil harus tetap melakukan aktivitas fisik selama kehamilan untuk menjaga tubuh Anda fit dan sehat. Tak hanya itu, olahraga selama kehamilan juga dapat membantu mempermudah proses persalinan.

"Dengan olahraga, suplai darah, mood, dan vitalitas seseorang akan lebih baik. Dengan demikian, pasokan aliran darah ke bayi lebih baik dan kemungkinan untuk terjadinya kontraksi yang diharapkan juga akan tepat waktu," kata dr. UF Bagazi Sp.OG, dokter kandungan Brawijaya Women and Children Hospital.

Menurut Bagazi, jenis latihan untuk wanita hamil, pada prinsipnya, tidak menjadi dampak tinggi dan menggunakan kembali dan sendi yang terlalu kuat seperti tenis, berkuda, diving dan hiking. Jenis olahraga yang dianjurkan dan aman untuk ibu hamil berjalan, sepeda stasioner, berenang dan aerobik.

"Karena dengan latihan ini, sirkulasi darah lebih baik maka tidak ada pembebanan pada tubuh alas-alas seperti lutut, pergelangan kaki, tulang belakang, yang dapat menyebabkan rasa sakit," jelasnya.

Selanjutnya Bagazi mengatakan latihan pada wanita hamil (wanita hamil) dapat dilakukan setiap hari selama 30 menit atau 5 kali seminggu. Tapi dia menekankan, olahraga selama kehamilan tidak diperbolehkan bagi mereka yang pemula atau belum pernah dilakukan sebelumnya latihan saat hamil.

Untuk amannya, untuk ibu hamil yang masih pemula namun ingin berolahraga harus dimulai dengan intensitas cahaya. Mulailah perlahan dengan durasi lima menit setiap minggu kemudian tambahkan 5 menit setiap minggu hingga 30 menit.

"Latihan akan lebih mudah dilakukan pada awal 24 minggu kehamilan. Sedangkan tiga bulan terakhir akan lebih sulit karena tubuh saat hamil," katanya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat dan berguna untuk Anda dan jika Anda berpikir artikel ini baik silakan suka dan berbagi ke teman Anda.

Tampilkan Komentar