Pengaruh Membaca Terhadap Perilaku Seseorang

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   4/26/2017

Selamat pagi sahabat Andi Rezpati, pada pagi hari ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai efek membaca terhadap perilaku seseorang. Saat membaca selembar kertas dengan fiksi, terutama novel, tanpa disadari dia akan larut dalam fantasi setiap karakter di dalamnya. Bisa jadi merubahan ola memikirkan karakter dan tingkah laku mengadopsi fiksi.

Periset di Ohio State University memperhatikan orang-orang yang membaca fiksi. Dan hasil pengamatan ini adalah bacaan yang sering dengan novel fiksi akan merasa bahwa mereka adalah tanggapan emosional dan internal seperti jika karakter dalam novel.

Para peneliti juga menemukan dalam keadaan tertentu pembubaran pikiran kita berada dalam karakter fiksi mampu mengubah perilaku kita dalam kehidupan nyata meski bersifat sementara.

Sebuah eksperimen menunjukkan bahwa orang yang telah masuk karakter fiksi akan merasa kesulitan saat menghadapi pilihan, namun keesokan harinya ia bisa memilih dari beberapa keputusan Ilihan dengan mudah.

Dalam studi yang lain, seseorang yang larut dalam karakter fiksi sek dapat mempengaruhi perilaku, dan psikologis.

"Peristiwa seperti ini bisa mengubah kita tanpa disadari dengan melakukan sinkronisasi antara kehidupan nyata dengan karakter fiksi yang sedang dibaca." Kata salah satu peneliti.

Karakter fiksi bukanlah pengaruh setiap saat. Acara ini akan dialami hanya jika seseorang berada dalam situasi identitas atau ingin lupa saat membaca fiksi.

Uji coba lainnya membuat siswa cenderung tidak larut dalam karakter fiksi saat membaca novel di ruangan yang berisi cermin.

"Lebih sering menyadari identitas diri dan perilaku peluang makan kecil kita di akhir karakter fiksi. Sahabat andi rezpati itu tadi adalah sedikit ulasan mengenai dampak membaca terhadap perilaku seseorang, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat para pembaca situs andi rezpati.

Tampilkan Komentar