Peran Orangtua Terhadap Terjadinya Obesitas Pada Anak

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   4/26/2017

Selamat pagi sahabat Andi rezpati, perlu diketahui bahwa peran orang tua sangatlah penting dalam kasus ini yaitu peran orang tua terhadap terjadinya obesitas terhadap anak. Kedekatan emosional antara orang tua dan anak telah terbukti mempengaruhi terjadinya kelebihan berat badan atau obesitas pada anak-anak. Periset menyatakan, seorang anak yang sering tidak akur dengan orang tuanya dan sering berselihih berisiko mengalami obesitas 2x lebih besar.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di negara-negara Pediatric, seorang anak yang memiliki hubungan buruk dengan orang tua, terutama ibu yang berisiko kelebihan berat badan atau obesita sebesar 26,1% pada usia 15 tahun. Sedangkan anak yang memiliki hubungan baik dengan ibu beresiko hanya sebesar 13%.

Penelitian yang dipimpin oleh Prof Sarah Anderson tersebut menyatakan, hubungan emosional dengan ibu anak secara tidak langsung dapat mempengaruhi pola makan pada anak. Orangtua lepas dengan susah payah mengajari anak-anak yang rentan menghadapi stres, akhirnya mengganggu pola makan dan jadwal.

"Sebenarnya obesitas pada usia anak bisa dicegah dengan hubungan emosional antara anak dan orang tua, ketimbang membuat aturan diet pada anak," kata Prof. Sarah Anderson.

Menurutnya, kemampuan mengatasi stres tidak hanya mempengaruhi pola makan dan jadwal tapi juga mempengaruhi pola tidur. Anak yang rentan terhadap stres cenderung sulit untuk memulai tidur, sehingga metabolisme terganggu dan menyebabkan obesitas.

Hubungan antara ibu dan anak yang kurang diperhatikan juga memiliki kedekatan emosional yang buruk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kedekatan emosional tidak hanya mempengaruhi faktor psikologis tetapi juga mempengaruhi anak secara fisik.

Kelebihan berat badan atau obesitas pada anak-anak dapat dikaitkan erat dengan risiko beberapa penyakit seperti diabetes melitus juga penyakit jantung. Semua risiko ini bisa dihindari dengan menyesuaikan diet, mengatasi stres dan olahraga secara teratur. Demikian artikel mengenai obesitas terhadap anak , semoga artikel ini memberikan manfaat buat sahabat andi rezpati.

Tampilkan Komentar