Pertanyaan Umum Seputar Ibu Hamil

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   4/27/2017

sahabat Andi rezpati, perlu kita ketahui bahwa seorang yang sedang hamil terkadang sering melakukan hal-hal yang biasanya tidak ia lakukan, salahsatunya adalah dengan memberikan pertanyn bisa dikatan pertanyaan umum ibu hamil kepada dokternya. Kehamilan adalah proses yang membuat wanita mengalami berbagai perubahan, karena ada beberapa pertanyaan umum yang ditanyakan oleh ibu hamil. Apa itu?

Perubahan yang dialami ibu hamil terkadang khawatir apakah kondisinya normal atau tidak. Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan dijawab oleh ibu hamil dan ahli kesuburan Zita Barat, seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Jumat (11/5/2012), yaitu:

1. Suami tidak suka menyentuh perut hamil, apakah ini normal?
Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda dengan istrinya yang sedang hamil. Beberapa suami terkadang suka memegang perut dan merasakan tendangan bayi, sementara yang lain tidak. Tapi kondisi ini tidak perlu khawatir karena relatif normal.

2. Kaki terasa panas sepanjang waktu, bagaimana mengatasinya?
Selama kehamilan terjadi masalah sirkulasi yang umum, aliran darah di sekitar area panggul menyebabkan sensasi terbakar dan pembengkakan di kaki. Hal ini sangat umum dan bisa diobati dengan pijat, refleksologi atau rendam kaki. Tapi jika disertai rasa sakit sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

3. Terus gatal perut saya, apa penyebabnya dan bagaimana cara menghentikannya?
Hal ini sangat umum terutama pada trimester ketiga, karena kulitnya membentang dan menyebabkan ketidaknyamanan. Cobalah memijat dengan krim dan minyak. Tapi jika gatal ekstrem berkonsultasilah dengan dokter untuk melihat apakah ada peningkatan asam empedu dan periksa fungsi hati.

4. Saya merasa bayi bergerak hari ini, seperti apa rasanya?
Kebanyakan wanita merasa bayi bergerak pada usia 18-21 minggu, tapi ada yang lebih cepat atau lebih lambat. Rasanya seperti ada kupu-kupu kecil, tapi semakin lama tembakan gerakan atau perasaan lebih pasti.

5. Mengalami beberapa mimpi aneh, apakah efek ini sedang hamil?
Banyak wanita bermimpi memiliki anak yang ditrimester dulu, dan bermimpi tentang persalinan saat trimester terakhir. Meski bisa sangat menyebalkan, tapi cukup aneh mimpi aneh.

6. Apakah perlu menggunakan sabuk pengaman?
Sabuk pengaman harus digunakan tentunya, namun yang terpenting adalah memasang sabun pengaman agar wanita hamil merasa nyaman. Jika tidak nyaman usahakan membatasi jumlah waktu di dalam mobil.

7. Apakah ribs membengkak saat hamil?
Hormon yang disebut relaxin dilepaskan di tubuh selama tahap akhir kehamilan untuk mempersiapkan tubuh saat menghadapi persalinan. Kondisi ini akan membuat tulang rawan rileks terutama di sekitar panggul dan tulang rusuk, jadi tidak perlu khawatir.

8. Mengapa gusi berdarah dan gigi jadi sensitif?
Ini adalah efek samping yang sangat umum selama kehamilan, karena menjaga kebersihan mulut menjadi sangat penting. Hal ini karena gusi berdarah dapat meningkatkan risiko infeksi dan menyebabkan respons inflamasi (radang. Demikian artikel mengenai pertanyaan ibu hamil semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat para pembaca situs andi rezpati

Tampilkan Komentar