Rasa Takut Berolahraga Saat Hamil Tua

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   4/29/2017

Sahabat andi rezpati, taukah anda (para ibu hamil) olarahraga saat hamil sangatlah diperlukan utuk kesehatan kandungan dan juga bayi yang ada diperut namun ada beberapa wanita yang enggan melakukan olaraga arena takut itu buruk bagi si bayi. Padahal sebuat pengamatan menunjukkan jika latihan yang dilakukan selama masa kehamilan bisa memberi manfaat positif bagi ibu juga bayi.

Meski banyak orang yang akan diuntungkan kelimpahan olah raga selama kehamilan, namun masih ada beberapa wanita yang enggan melakukannya dengan salah satu alasan akan berdampak buruk bagi si kecil.

Dalam sebuah penelitian yang melihat pada 90 wanita hamil menemukan bahwa banyak wanita hamil dimana sebelumnya melakukan olahraga rutin saat hamil namun berhenti tidak melakukannya lagi. Beberapa dari mereka menganggap berolahraga kurang aman untuknya dan kehamilan meski hanya berjalan santai.

Olahraga sedang jika dilakukan dalam waktu sekitar 30 menit sehari aman bagi ibu hamil. Tapi jenis olahraga berisiko seperti menyelam, kontak fisik dengan lawan yang terluka sebaiknya tidak dilakukan atau konsultasi sebelum tenaga medis.

Pengamatan ini dilakukan pada 90 responden dengan usia gestasi 16-30 minggu.

Diperoleh, hampir segian responden secara rutin melakukan olahraga ringan sebelum hamil sekitar 90 menit / minggu. Namun, saat hamil tidak lebih dari 27% latihan setelah hamil. Kebanyakan dari mereka takut berolahraga akan menyakiti bayi.

Nampaknya ketakutan akan faktor keamanan mengapa ibu hamil enggan berolahraga.

Efek mitos terkadang takut juga mempengaruhi wanita hamil untuk berolahraga, karena sudah beberapa kali menyatakan keyakinan bahwa olahraga yang menurun akan menyakiti bayi.

Namun, tidak semua wanita hamil takut berolahraga beberapa wanita hamil bahkan sangat menyukai olaraga ringan, meski mereka sudah sibuk kerja setiap hari. Sebenarnya tidak jarang meluangkan waktu untuk mengikuti latihan kehamilan bersama.

Untuk menumbuhkan kebiasaan sehat wanita sebaiknya lebih memahami manfaat aktivitas fisik selama kehamilan. Latihan selama kehamilan tidak hanya baik untuk kesehatan ibu dan bayi secara fisik tapi juga secara emosional sehat dengan mengurangi stres dan depresi. Sahabat andi rezpati itu tadi sedikit penjelasan mengenai olahraga saat hamil semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat pembaca situs andi rezpati.

Tampilkan Komentar