Tips Sehat Untuk Mencegah Terjadinya Anemia

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   4/29/2017

Sahabat andi rezpati pernahkan anda mendengar penyakit anemia?, untuk yang belum mengetahui pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai anemia dan juga cara pencegahan anemia. Tubuh anemia sering membuat kita merasa lemas dan cepat lelah, karena kadar adekut oksigennya tidak cukup dalam darah. Jita tidak ingin serangan anemia, ada tips sehat yang bisa kita coba.

Anemia adalah badan keadaan dengan tanda-tanda sel-sel hemoglobin rendah dalam darah dapat terjadi karena asupan gizi yang tidak memadai atau gangguan kesehatanyang lainnya seperti pendarahan.

Hemoglobin memiliki fungsi sebagai sarana pengangkutan oksigen ke otak juga ke seluruh tubuh, bila jumlah hemoglobin dalam darah rendah itu berarti pasokan oksigen ke tubuh dan otak kurang dari kebutuhaen.

Anemia memiliki beberapa jenis, seperti kkurangan anemia besi, anemia akibat kekurangan vitamin B-12, anemia sel sabit dan talasemia. Dari beberapa jenis anemia yang merupakan kelainan kongenital adalah thalassemia karena terbentuknya sel darah merah.

Anemia bisa dicegah meski tidak semuanya. Anemia jenis ini karena kekurangan vitamin B-12 dan zat besi dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung berbagai nutrisi. Juga makanan dengan vitamin seperti asam folat, B-12 dan zat besi.
Berikut ini adalah tips dari andi rezpati :
  • Makanan kaya akan zat besi
Makanan yang mengandung zat besi meliputi daging sapi dan daging lainnya, kacang-kacangan, kacang lentil, sereal berbahan besi, sayuran berdaun hijau dan buah kering.
  • Makanan kaya akan asam folat
Makanan kaya asam folat seperti buah sitrus, pisang, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan roti, sereal dan pasta asam folat yang diperkaya.
  • Vitamin B-12
Sumber vitamin B-12 adalah daging yang baik, produk susu, sereal dan beberapa produk kedelai, seperti susu kedelai.
  • Vitamin C
Makanan kaya akan vitamin C seperti buah sitrus, melon dan buah beri, yang bisa membantu meningkatkan penyerapan zat besi.
  • Konseling genetik
Jika Anda memiliki riwayat keluarga anemia, cobalah untuk melakukan konseling genetik. Dokter atau konselor genetik dapat menilai risiko penularan anemia bawaan, seperti anemia sel sabit, talasemia pada anak Anda. Sahabat andi rezpati demikian sedikit tips pencegahan terjadinya anemia semoga bisa bermanfaat buat para pembaca situs andi rezpati.

Tampilkan Komentar