Agar Terhindar Dari Sembelit

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   5/09/2017

Sahabat andi rezpati, sangat tidak menyenangkan jika sedang mengalami sembelit. Anda perlu buang air besar (BAB) secara rutin agar produk limbah pencernaan tidak terserap kembali ke dalam darah Anda. Anda bisa melakukan beberapa cara pencegahan untuk mengatasi kondisi usus macet atau sembelit. Namun jangan kawatir berikut ini saya akan memberikan sedikit tips agar kalian tidak mengalami sembelit :
  • Berhenti ngemil di sela waktu makan
Jangan makan camilan sebelum Anda mengonsumsi makanan yang telah selesai dicerna sebelumnya. Jika jarak antara sarapan pagi, makanan ringan dan makan siang terlalu sedikit, Anda akan mengalami gastrointestinal tract dan penumpukan makanan yang akan menyebabkan sembelit.
  • Kurangi konsumsi makanan olahan
Makanan olahan atau makanan kemasan memiliki umur simpan tertentu dan biasanya mengandung bahan pengawet yang tidak baik untuk kesehatan pencernaan.
  • Mencagah dehidrasi
Salah satu alasan sembelit adalah karena Anda mengalami dehidrasi. Bila tubuh mengalami dehidrasi, usus besar merupakan organ pertama yang merasakan konsekuensinya. Usus sehat memiliki persentase cairan yang sangat tinggi.

Anda juga membutuhkan cairan tubuh dari usus besar untuk menopang organ tubuh lainnya. Karena itu Anda membutuhkan banyak air untuk diminum hingga 8 gelas per hari.
  • Kurangi konsumsi makanan yang kering
Makanan kering seperti kacang-kacangan, keripik, dan biskuit bisa menghambat proses pencernaan dan menyebabkan sembelit. Saat Anda makan, perbanyak minum air putih.
  • Rajin Berolahraga
Olahraga bisa meningkatkan aliran darah ke usus dan meningkatkan motilitas gastrointestinal. Jadi halus pencernaan dan hindari sembelit.
  • Pijat perut
Berikan pijatan lembut di perut saat Anda sedang rileks atau dalam keadaan perut yang tidak kenyang. Hal ini akan membuat perut Anda rileks dan tenang sehingga bisa mencerna makanan dengan baik.
  • Tarik napas dalam-dalam
Luangkan waktu untuk menarik napas dalam-dalam, tujuannya adalah untuk meningkatkan aliran darah ke sistem pencernaan. Saat bernafas, tenangkan sistem saraf dan Anda akan bisa memperlancar proses pencernaan pencernaan. Demikian artikel ini saya bagikan lewat situs andi rezpati, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat yang positif bagi para pembaca artikel ini.

Tampilkan Komentar