Bahaya Merokok Saat Buka Puasa

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   5/31/2017
Selamat pagi sahabat andi rezpati, pada postingan kali saya akan membahas bahaya merokok saat berbuka puasa. Buat sobatku yang perokok berat, menahan rasa ingin merokok saat ramadan bukanlah hal mudah buat kalian, tentu saja saat berbuka puasa kebayakan dari mereka langsung merokok saat berbuka puasa, namun apakah sobat tahu bahaya merokok saat berbuka puasa? mari kita simak artikel dibawah ini untuk mengetahui bahaya merokok saat berbuka puasa.

Rokok mengandung banyak bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan, bahan kimia ini akan lebih berbahaya jika masuk ke dalam tubuh sobat saat keadaan perut kosong setelah sobat berjam-jam puasa. Berikut ini adalah efek bila sobat langsung  merokok saat berbuka puasa:
  • Bahaya Dari Nikotin 
Nikotin yang diserap tubuh dalam keadaan perut kosong bisa lebih besar dibandingkan dalam keadaan perut sudah terisi, hal ini bisa menyebabkan sobat terkena kanker paru-paru. Nikotin dalam rokok juga dapat menimbulkan banyak dampak buruk bagi kesehatan, seperti peningkatan tekanan darah, detak jantung, dan aliran darah ke jantung, serta menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah.
  • Bahaya Dari Karbon Monoksida
Kandungan karbon monoksida dalam asap rokok dapat masuk ke dalam aliran darah dan menurunkan kadar oksigen dalam darah. Sehingga dapat mengakibatkan sel-sel dalam tubuh sobat kekurangan oksigen, sobat juga akan merasa lelah dan pusing. Karbon monoksida dalam darah juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah, hal ini mengakibatkan pembuluh darah menyempit dan akhirnya mengarah pada penyakit jantung dan stroke.

Nah sobat andi rezpati yang perokok berat, alangkah baiknya sobat tidak langsung merokok saat berbuka puasa, agar kondisi kesehatan sobat tetap tejaga saat menjalankan ibadah puasa. Sampai disini dulu pembahasan kali ini semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita semuanya.

Tampilkan Komentar