Cara Mendeteksi Stroke

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   5/08/2017

Sahabat andi rezpati, ternyata penyakit stroke bisa dideteksi lewat mata. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mendeteksi gejala stroke. Cara mendeteksi penyakit stroke bisa dilakukan dengan pemeriksaan mata, mengungkap tidak hanya tentang gangguan penglihatan seperti katarak atau mata minus. Cara mudah mendeteksi stroke bisa sahabat coba sendiri dengan mudah. Cara mendeteksi dini penyakit stroke, beberapa kondisi yang ditemukan saat pemeriksaan mata juga bisa menunjukkan adanya gangguan vaskular yang menyebabkan stroke.

Gangguan vaskular yang dimaksud adalah stenosis arteri karotid, penyumbatan arteri ke bagian depan otak.

Jika selama gangguan sulit dideteksi, kini para ilmuwan dari University of Zurich menemukan cara yang jauh lebih mudah. Caranya adalah dengan menggunakan metode yang disebut Okular Pulse Amplitude (OPA), yaitu dengan mengukur tekanan darah di mata.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Ophthalmology, para ilmuwan memeriksa 67 pasien dengan stenosis arteri karotis. Hasilnya bila terjadi penyumbatan arteri, nilai OPA cenderung lebih rendah dari rata-rata skor pada orang sehat.

Hasil pengamatan ini dan dikonfirmasi lagi pemeriksaan ultrasonik, untuk memastikan apakah ada penyumbatan pada arteri ke otak depan. Hasilnya tidak berbeda dari yang diantisipasi, penyumbatan itu cenderung terjadi pada peserta yang memiliki nilai OPA lebih rendah.

Temuan ini menunjukkan bahwa pemeriksaan stenosis arteri karotis untuk mengetahui risiko stroke dapat dilakukan dengan cara yang lebih mudah. Pemeriksaan OPA juga dinilai lebih efektif dan aman dibanding ultrasonik.

Saat ini, United States Preventive Services Task Force melarang tes ultrasonik yang dilakukan pada populasi umum jika tidak ada gejala yang terlihat. Selain mahal, risiko tindakan ini cenderung lebih besar karena sering menyebabkan pembedahan yang tidak perlu.

"Studi kami menunjukkan bahwa amplitudo pulsa okular cukup dapat diandalkan, aman untuk mendeteksi stenosis arteri caretoid. Kami merekomendasikan penelitian lebih lanjut untuk memastikan metode ini dapat digunakan untuk pencegahan stroke," kata salah satu peneliti, Dr. Pascal Bruno Knecht, MD, seperti dikutip dari Huffingtonpost. Demikian artikel mengenai Penyakit Stroke yang Bisa Dideteksi Lewat Mata yang dapat saya bagikan buat sahabat andi rezpati, semoga bermanfaat.

Tampilkan Komentar