Cara Mengatasi Lemas Saat Puasa

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   5/31/2017
Sahabat andi rezpati, pada postingan kali ini saya akan membahas tips mengatasi lemas saat berpuasa. Puasa di bulan ramadan bukanlah hal sulit bagi untuk menjalankannya, namun di hari-hari pertama puasa, tubuh cenderung lemas dan tak bertenaga. Sahabat andi rezpati mengapa di awal puasa badan terasa lebih lemas? hal itu terjadi karena saat sobat tidak puasa, gula dari kabohidrat langsung dibakar dalam waktu beberapa jam saja, waktu puasa gula akan dibakar pelan-pelan, yaitu sampai tiba saatnya berbuka. Bagaimana cara mengatasi lemas saat berpuasa? pertanyaan ini muncul pada sobatku yang baru menjalankan puasa dibulan ramadan ini.

Untuk mencegah badan lemas saat puas pastikan tubuh sobat mendapatkan asupan nutrisi yang cukup berikut ini:

  • Vitamin C

Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh adalah mengonsumsi vitamin C. Mengonsumsi sayur dan buah yang kaya vitamin C seperti jambu, cabai merah, dan brokoli. Bila perlu, sobat juga bisa mengonsumsi suplemen yang sudah mengandung vitamin C sekaligus zinc seperti Redoxon Double Action setelah makan sahur, atau setelah berbuka puasa.

  • Karbohidrat kompleks

Dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, proses pengolahan karbohidrat menjadi sumber energi berlangsung lebih lama.  Perbanyak asupan karbohidrat kompleks dari produk olahan gandum utuh, sayur, buah, dan kacang-kacangan. Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks daripada karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana lebih banyak mengandung gula sedangkan karbohidrat kompleks lebih banyak mengandung serat dan ragi.

  • Zat seng

zat seng sangat diperlukan guna mengolah karbohidrat dalam tubuh. Kalau sobat kekurangan zat seng, karbohidrat yang sobat konsumsi saat sahur akan sulit diubah jadi sumber energi. Pilih menu yang kaya zat seng seperti daging sapi atau kambing, dan bila perlu konsumsi suplemen yang kaya akan zat seng. Sampai disini dulu ya pembahsanya sobat andi rezpati, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita semuanya.

Tampilkan Komentar