Cara Mengurangi Mata Minus

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   5/29/2017
Sahabat andi rezpati kalian mungkin pernah bertanya tanya tentang bagaimana cara mengobati mata minus maupun cara mengurangi mata minus. Nah sahabat andi rezpati pembahasan kali ini saya membahas tentang cara efektif mengurang mata minus. Degenerasi makula adalah sebuah kondisi dimana makula (bagian vital pada retina yang memungkinkan kita melihat detail-detail halus) mengalami kemunduran, sehingga berakibat pada penurunan ketajaman pengelihatan. cara mengurangi mata minus dengan cepat bisa kita lalukan jika teratur dalam melakukan terapi.

Penelitian terbaru mengenai kesehatan mata menemukan, angka penderita age-related macular degeneration (AMD) atau degenerasi makula mengalami pelonjakan besar dalam kurun waktu 8 tahun, dari 5 menjadi 27% pada orang di atas umur 65 tahun.

Apa pemicunya? Paparan sinar biru dari matahari penyebabnya. Sinar ini mampu menembus hingga bagian belakang bola mata kita, dan menyebabkan kerusakan makula hingga lensa pengatur fokus cahaya.

Oleh sebab itu, para ahli kesehatan mata berpendapat, senyawa karotenoid dalam sayuran hijau mampu berkonsentrasi dalam menjaga makula, dengan menyerap sinar-sinar yang merusak tersebut.

Berikut ini adalah tips untuk mengurangi mata minus: 
  • Konsumsi makanan yang memberikan nutrisi pada mata, terutama suplemen mata.
Cara mengurangi mata minus ini merupakan cara yang paling banyak memerikan keuntungan karena hasilnya berguna bagi kesehatan tubuh Anda, bukan hanya untuk mata saja.  Mata membutuhkan vitamin A, β-carotene, vitamin E, zinc dan berbagai nutrisi lainnya untuk bisa berfungsi dengan baik.

Makanan sehari-hari untuk menjaga kesehatan mata:
  1. Wortel, kaya akan vitamin A dan β-carotene.
  2. Ikan Salmon, kaya akan omega-3.
  3. Alpukat, kaya akan kandungan lutein.
  4. Kol dan Bayam, mengandung lutein, zeaxanthin dan vitamin C.
  5. Telur, mengandung lutein, vitamin A, vitamin B12, vitamin D, zinc, dan protein.
  6. Tomat, kaya akan vitamin A, vitamin C dan lycopene.
  7. Tiram, kaya akan kandungan zinc (seng).
  • Lepas kacamata jika tidak diperlukan.
Ketika menggunakan kacamata, mata akan terbiasa terfokus pada pusat lensa (bagian tengah kacamata), hal ini menyebabkan otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak untuk memandang ke arah lainnya.  Anda bisa coba buktikan sendiri, ketika menggunakan kacamata, Anda akan lebih banyak menggerakan leher Anda untuk melihat sekeliling Anda dibandingkan menggerakan bola mata Anda.  Selain itu, dengan melepas kacamata, maka Anda juga akan mengurangi ketergantungan pada kacamata.
  • Sering-sering menatap objek yang jauh, terutama yang berwarna hijau.
Objek yang berwarna hijau diyakini memberikan dampak positif bagi mata, oleh karena itu cobalah sesekali pergi ke gunung untuk memandang pepohonan.  Apabila dirasa tidak memungkinkan karena keterbatasan waktu, sering-seringlah menatap objek-objek yang jaraknya cukup jauh untuk mengistirahatkan otot mata Anda.
  • Latih mata dengan melihat benda-benda yang bergerak.
Cara mengurangi mata minus yang satu ini bisa dilakukan dengan melihat kendaran yang berlalu-lalang di jalan raya, namun jika dirasa kurang sreg atau membahayakan, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan bola ping pong yang dililitkan pada seutas benang.  Tataplah bola ping pong yang diayunkan dari jarak yang tidak terlalu dekat dengan mata Anda.
  • Sering-sering mengganti objek pandangan Anda.
Jika Anda sering menatap satu objek dalam waktu lama, hal itu akan membuat otot mata menjadi kaku, oleh karena itu sering-seringlah mengganti objek yang dilihat, sebagai contoh: setelah menatap layar komputer, alihkan pandangan Anda ke jendela atau halaman rumah Anda selama beberapa saat, barulah kembali menatap computer.
  • Lakukan senam mata.
Senam mata sangat baik dilakukan karena dapat melatih kelenturan otot mata, selain itu cara ini merupakan cara mengurangi mata minus yang paling populer dan paling cepat terasa khasiatnya. Cara untuk melakukan senam mata adalah:
  1. Tatap lurus ke depan.
  2. Gerakan pandangan ke arah atas secara perlahan-lahan dan pertahankan selama 10 detik.
  3. Gerakan bola mata kembali ke tengah dan pertahankan selama 10 detik.
  4. Lakukan juga poin no.2-3 untuk ke arah bawah, kanan dan kiri.
  5. Setelah poin no.4 selesai dilakukan, lakukan gerakan memutar bola mata Anda 360° searah jarum jam selama 2x.
  6. Gerakan bola mata kembali ke tengah dan pertahankan selama 10 detik.
  7. Lakukan poin no.5, namun kali ini kebalikan dari arah jarum jam.
  8. Istirahatkan mata Anda dengan teknik eye palming.
  9. Lakukan pada pagi dan sore hari.
Sebuah penelitian juga menyebutkan, orang yang mengonsumsi sayuran kaya karotenoid, dilaporkan memiliki risiko terkena AMD lebih kecil hingga 43% dibandingkan dengan orang yang jarang mengonsumsi makanan jenis ini.

Dapatkan asupan karotenoid terbaik pada bayam segar. Sebanyak 30 gram bayam segar mengandung 1.688 mikrogram beta-karoten. Selain itu dapatkan sumber karotenoid lain pada kubis, brokoli, dan kembang kol. Cukup sampai disini dulu ya sahabat andi rezpati, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat sahabatku yang mengalami mata minus.

Tampilkan Komentar