Jenis Makanan Untuk Nutrisi Otot

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   5/09/2017
Selamat malam sahabat andi rezpati, pada malam ini saya akan memberikan sedikit tips untuk menjaga otot tetap fit. Setelah membentuk kelelahan otot, Anda pasti tidak akan membiarkannya berkembang kembali. Padahal otot tidak bisa mempertahankan dirinya sendiri. Otot harus 'diberi makan' untuk terus terbentuk.

Salah satunya dengan kulit apel yang diyakini mengandung senyawa alami yang bisa meningkatkan jumlah otot dan lemak coklat membakar kalori dan tubuh.

Periset menduga kulit apel ursolik mengandung asam yang bisa mengubah kadar hormon yang terlibat dalam metabolisme, termasuk insulin yang bisa membantu mendorong massa otot untuk orang dewasa.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk merekomendasikan apel sehari untuk mempertahankan kekuatan otot.

"Target utama kami adalah mempelajari manfaat asam ursolik pada manusia, terutama untuk membantu pasien kami yang mengalami atrofi otot skelet, obesitas, diabetes dan penyakit hati berlemak," kata peneliti Christopher M. Adams, MD, Ph.D. Dari University of Iowa.

Sementara itu, Minh-Hai Tran, MS, RD, CSSD, ahli diet olahraga Mindful Nutrition di Seattle merekomendasikan Anda untuk mencoba 3 bahan makanan seperti berikut ini:
  • Ceri
Polyphenol hadir dalam ceri membantu menghilangkan stres oksidatif (kerusakan sel yang disebabkan oleh zat berbahaya seperti radikal bebas) yang biasanya terjadi saat berolahraga, cahaya Tran.

Campurkan buah merah ke smoothie pagi Anda atau makan ceri dan kacang almond sebagai camilan. Bisa juga menambahkan jus ceri segar ke dalam salad, sarannya.
  • Kefir (minuman yang terbuat dari susu)
Minuman susu fermentasi, biasanya berasal dari susu kambing yang menyediakan protein dari whey (whey) dan kasein keduanya mengandung asam amino esensial yang Anda butuhkan untuk membangun kembali jaringan otot setelah berolahraga.

Minumlah dua gelas tepat sebelum atau sesudah berolahraga, saran Tran. Jika memungkinkan, tambahkan buah atau granola rendah lemak sebagai topping.
  • Benih Chia
Lupakan biji rami dan makanan nabati lainnya sebagai sumber asam lemak esensial. Ganti dengan biji chia yang mengandung asam omega-3 stearidonik yang diberi nama unik. Asam ini bisa mengubah dirinya menjadi esensial omega-3 EPA untuk membantu pemulihan otot.

Satu sendok makan biji chia saja mampu memberikan 100 persen omega-3 harian Anda. Apalagi biji chia tidak perlu dimakan mentah seperti biji rami sehingga bisa mencampurnya dengan yogurt, smoothies dan salad. Sahabat andi rezpati itu tadi adalah sedikit ulasan mengenai makan untuk mencukupi kebutuhan nustrisi otot, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tampilkan Komentar