Khasiat Pare

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   5/16/2017
Selamat malam sahabat andi rezpati, pada postingan kali membahas tentang pare dipembahasan kali ini saya akan menjabarkan secara rinci mengani manfaat pare, dari mulai manfaat akar pare, manfaat daun pare, dan manfaat buah pare. Di balik rasa pahit itu tersimpan sejuta manfaat bagi kesehatan. Buahnya mengandung albiminoid, karbohidrat, dan pewarna. Daunnya mengandung momordisina, momordina, karantina, resin, lemak dan minyak. Sedangkan akarnya mengandung asam dan asam oligolat mesordial. Benih mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial.

Tanaman pare (Momordica charabtia) berasal dari Asia tropis, namun belum dikonfirmasi sejak kapan tanaman ini masuk ke wilayah Indonesia. Saat ini tanaman melon pahit dibudidayakan di berbagai wilayah nusantara.

Umumnya, budidaya dilakukan sebagai sampingan. Pare ditanam di pekarangan, atau tegalan, atau di bekas sawah sebagai penyelang di musim kemarau. Berikut ini adalah manfaat dari pare:
  • Khasiat Daun
1. Bisul dan cacing krem
Ambil segenggam daun segar, diberi seperempat cangkir air dan blender. Disaring dengan kain kasa. Bila perlu, tambahkan sedikit garam, gula aren, dan air jeruk nipis. Minumlah seperempat cangkir sehari sekali. Lakukan selama 1 minggu.

2. Menurunkan demam
Ambil 3 daun melon pahit segar, dicuci, dan dilumatkan. Tambahkan segelas air dan sedikit garam, lalu tuangkan. Peras dan saring, lalu diminum 2 kali sehari sebanyak setengah gelas.

3. Memperlancar ASI
Sediakan 2 daun melon pahit dan panaskan beberapa saat. Kompres payudara.

4. Sakit hati
Sediakan 6 gram daun melon pahit segar, 5 gram rimpang jahe, dan 110 ml air. Didihkan semua bahan selama 15 menit, lalu saring dengan kasa dan peras. Minum sehari sekali. Ulangi selama 2 minggu.

5. Rambut Subur
Ambil beberapa daun melon pahit segar, cuci dan kemudian uleni. Cukup dioleskan ke kulit kepala anak.

6. Batuk
Pilih 7 daun melon pahit segar, lalu diseduh dengan 2 sendok makan air. Setelah itu, peras dan saring. Minum 2 kali sehari.

7. bekas luka
Bilas segenggam daun melon pahit segar, lalu dilumatkan. Tambahkan sedikit air panas, lalu peras. Campur jus dengan 2 sendok makan tepung beras, dan aduk hingga merata. Borehkan di bekas luka setiap hari.

8. Wasir
Ambil 5 daun melon pahit segar, tambahkan seperempat cangkir air, didihkan dan peras. Ambil 3 sendok makan jus, lalu campur dengan segelas yogurt cair. Minum setiap pagi.

9. Infertilitas
Ambil 27 gram ekstrak daun segar dari melon pahit, 7 butir lada hitam, 3 siung bawang putih, dan 27 gram gula pasir. Semua bahan hancur, lalu tambahkan segelas air. Didihkan dan peras. Minum jus setiap hari selama 3-4 bulan.

10. Penyakit Kulit
Buat 1 cangkir jus daun melon pahit. Caranya, ambil 3 lembar daun melon pahit plus satu setengah gelas air. Didihkan dan peras. Campur jus adalah jus dengan sesendok jus lemon. Minum sehari sekali.

11. Rabun malam
Jus daun pare dioleskan di sekitar mata.
  • Khasiat Akar
1. Disentri Amoeba
Ambil segenggam akar melon pahit, tambahkan segelas air. Didihkan dan peras. Minum sehari sekali.

2. Wasir
Ambil akar pare pahit, cuci bersih, lalu gulangkan. Oleskan campuran ini pada wasir.
Jadi Khasiat Pare saya bisa share ke teman saya Andi Rezpati, semoga semua yang saya share bermanfaat bagi anda dan jika menurut anda artikel ini bagus silahkan suka dan share ke teman anda.
  • Khasiat Buah
1. Disentri
Ambil 2 buah melon pahit segar, cuci dan potong-potong. Tambahkan seperempat gelas air, dan aduk. Diseduh dan diremas. Mohon diminum 2 kali sehari.

2. Diabetes
Ambil 2 buah melon, cuci dan mash. Tambahkan setengah gelas air. Aduk dan peras. Minum ramuan sebanyak 1 hari. Diulang selama 2 minggu.

3. Enhancer ASI
Ambil 1 buah melon, cuci bersih, lalu rebus beberapa menit. Digunakan sebagai salad.

4. Bisul
Pare diaplikasikan secara eksternal. Ambil 1 buah segar lalu kocok. Borehkan pada ulkus yang terkenal.

5.Bronkitis
Berikan 2-3 buah melon pahit, dan jusnya diambil. Berikan 1 sendok makan madu. Minum sehari sekali. Lakukan selama 3 bulan. Resep ini juga bagus untuk menyembuhkan anemia, sakit maag, sakit hati, nyeri haid, rematik, dan pelangsing.

Demikian informasi mengenai manfaat pare yang dapat saya bagikan buat sahabat andi rezpati, semoga arikel ini bisa bermanfaat buat sahabat andi rezpati semuanya. dan jangan lupa bagikan artikel ini buat sahabat atau keluarga kalian semua.

Tampilkan Komentar