Manfaat Daun Kelor

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   5/30/2017
Sahabat andi rezpati pernahkah kalian melihat tanaman kelor? tanaman kelor atau yang disebut juga sebagai merunggai merupakan sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae dengan tinggi batang sekitar 7 sampai 11 meter. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan mengulas manfaat daun kelor. Dalam satu tangkai, daun kelor bersusun majemuk dengan bentuk bulat telur berukuran kecil-kecil. Kelor memiliki bunga berwarna putih sedikit kekuning-kuningan dengan pelepah bunga berwarna hijau. Sementara buahnya memiliki bentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang. Baik daun kelor maupun kelentang bisa disayur. Berikut ini adalah manfaat dari daun kelor :
  • Menghilangkan flek wajah
Ramuan sederhananya, ambil beberapa daun kelor yang masih muda, tumbuk hingga sangat halus, lalu gunakan sebagai bedak (atau juga bisa dicampur dengan bedak).
  • Menyehatkan mata
Daun kelor memiliki kandungan tinggi vitamin A yang sangat baik untuk mata. Konsumsi daun kelor bermanfaat agar organ mata selalu dalam keadaan sehat dan jernih.
  • Mencegah penyakit jantung
Sebuah studi pada hewan di laboratorium yang diterbitkan dalam edisi Februari 2009 dari “Journal of Medicinal Food” menemukan bahwa daun kelor mampu mencegah kerusakan jantung dan memberikan manfaat antioksidan.
  • Antioksidan dan senyawa anti-inflamasi
Menurut sebuah laporan yang diterbitkan di Asia Pacific Journal of Cancer Prevention, daun kelor mengandung campuran asam amino esensial, fitonutrien karotenoid, antioksidan seperti quercetin, dan senyawa antibakteri alami yang memiliki fungsi seperti obat anti-inflamasi.
  • Menjaga berat badan
Hal penting yang jangan dilupakan yaitu untuk menjaga tubuh agar tetap seimbang berat badannya. Studi yang dilakukan para ahli menemukan bahwa teh kelor membantu untuk menangani masalah pencernaan yang manfaatnya untuk merangsang metabolisme tubuh agar optimal dalam membakar kalori.
  • Menjaga kesehatan ginjal
Tati Winarto menjelaskan bahwa konsumsi makanan sehat otomatis membantu ginjal bekerja dengan optimal (fungsinya), sebaliknya makanan tak sehat (salah satunya makanan tinggi lemak) akan menumpuk di ginjal mengakibatkan timbulnya masalahan kesehatan. Konsumsi daun kelor, otomatis membantu mengembalikan kesehatan ginjal yang sudah dalam kondisi tak baik.
  • Mengobati rematik
Daun kelor dapat dimanfaatkan untuk mengobati rematik. Penggunaan daun kelor dalam pengobatan rematik untuk mengurangi rasa sakit pada sendi dan mengurangi penumpukan asam urat pada sendi, yang sangat penting dalam mengatasi masalah rematik atau asam urat. Manfaat daun kelor ini bisa dimanfaatkan untuk rematik, pegal linu, nyeri, dsb.

Baca Juga :
  1. Manfaat Tanaman Pacar Cina
  2. Manfaat Tanaman Patikan Kebo
  3. Manfaat Tanaman Bungur
  4. Manfaat Daun Sirih
  5. Manfaat Daun Sirsak
  • Anti Kanker
Pada studi mengenai kultur jaringan sel kanker serviks manusia, yang diterbitkan di jurnal “Food and Chemical Toxicology” edisi Juni 2011. Ekstrak kelor mampu mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami kanker.

Sahabat andi rezpati itu tadi adalah beberapa manfaat dari daun kelor buat kesehatan manusia, namun jangan mengkonsumsi tanaman kelor perlu dihindari untuk ibu hamil karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya, dikhawatirkan menyebabkan komplikasi selama kehamilan dan keguguran.

Tampilkan Komentar