Manfaat Kapulaga

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   5/30/2017

Selamat sore sahabat andi rezpati, pada postingan kali ini saya membahas tentang manfaat kapulaga. Selain sebagai bumbu dapur, rempah-rempah ini juga telah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic sebagai pengobatan untuk sariawan, masalah pencernaan, dan bahkan depresi. Beberapa manfaat dari kapulaga untuk kesehatan rempah-rempah ini sekarang membuatnya cukup mudah dan banyak digunakan dalam study modern. Manfaat kesehatan dari kapulaga termasuk perlindungan gastrointestinal, mengontrol kolesterol, mengendalikan kanker, mengobati masalah kardiovaskular, dan peningkatan sirkulasi darah dalam tubuh. Hal ini berguna untuk menyembuhkan penyakit gigi dan infeksi saluran kemih seperti cystitis, nefritis, dan gonore. Kapulaga memiliki sifat afrodisiak dan juga digunakan sebagai obat untuk impotensi, disfungsi ereksi, dan ejakulasi dini. Tanaman kapulaga ini dapat tumbuh dengan baik di indonesia, untuk itu banya study yang meneliti tentang apa saja manfaat dari kapulaga, berikut ini adalah bebberapa manfaat dari kapulaga :
  • Antimikroba
Kapulaga memiliki sifat melawan infeksi. Dalam ilmu pengetahuan modern diketahui bahwa kapulaga mengandung sifat antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran beberapa mikroba yang sangat berbahaya bagi tubuh yang dapat menyebabkan keracunan makanan.
  • Mengobati asma
Kapulaga juga dapat digunakan sebagai obat untuk asma dan masalah pernapasan lainnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak mentah dari kapulaga cukup efektif dalam membuka penyempitan saluan udara dalam tubuh serta efektif dalam menciptakan relaksasi pada jaringan trakea.
  • Mengontrol kolesterol
Mikronutrien yang ditemukan dalam kapulaga dipercayai dapat membantu mengatasi lonjakan lipid dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan di Toxicology Divisi Farmakologi dan di Hindustan India oleh Dhuley dengan percobaan enzim antioksidan hati dan jantung dari kapulaga pada tikus, yang diberi makan diet tinggi lemak menunjukkan bahwa enzim antioksidan memiliki pengaruh pada tingkat kolesterol dengan membantu mengendalikannya secara signifikan.
  • Mengobati gangguan kemih
Kandungan nutrisi kapulaga telah digunakan sebagai obat untuk penyakit saluran kemih dan infeksi seperti sistitis, nefritis, dan gonore.
  • Mengobati cegukan
Cegukan merupakan gangguan yang sangat menyiksa, Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan hal ini, seperti dengan cara mengejutkan penderita. Namun hal tersebut hanya dapat bekerja untuk beberapa saat saja. Kapulaga ternyata dapat menjadi obat yang sangat efektif untuk cegukan. Caranya adalah dengan meminum hasil rebusan beberapa butir kapulaga.
  • Mengobati sakit tenggorokan
Kapulaga juga sangat baik digunakan sebagai obat kumur, yaitu dengan cara mencampurkannya dengan kayu manis lalu direbus. Hasil rebusan tersebut dapat digunakan sebagai oba kumur yang dipercaya mampu mengobati rasa sakit pada tenggorokan. Demikian artikel yang dapat saya sampaikan buat sahabat andi rezpati semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita semua. 

Tampilkan Komentar