Manfaat Kismis Dalam Mencegah Obesitas Pada Anak

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   5/06/2017
Selamat siang sahabat Andi Rezpati, pada postingan ini saya membahas tentang manfaat kismis dalam Mencegah Obesitas Pada Anak mungkin bermanfaat bagi artikel teman saya. Salam kepada Pengunjung Baru yang sudah mengambil Dropped In This Blog That Simple. Mengkonsumsi kismis sebagai makanan ringan untuk anak-anak memang baik untuk mencegah obesitas karena kismis akan mengurangi asupan kalori. Tapi jika anak Anda terlalu kurus, jangan beri kismis sebagai camilan sepulang sekolah.

Menurut sebuah penelitian, kismis akan membatasi kalori dan meningkatkan kenyang pada anak dibandingkan dengan makanan ringan lainnya. Penelitian yang dilakukan oleh University of Toronto kepada sekelompok anak laki-laki dan perempuan berusia 8-11 tahun dengan berat badan normal untuk jangka waktu tiga bulan.

Peserta diminta secara acak untuk makan kismis atau makanan ringan lainnya, termasuk anggur, keripik kentang dan kue coklat, untuk merasa kenyang. Selain itu, setiap anak menerima sarapan standar yang sama, snack pagi dan makan siang pada penelitian sehari-hari.

Nafsu makan subyektif diukur 15 menit sebelum dan sesudah konsumsi makanan ringan. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa anggur, keripik kentang dan kue coklat masing-masing menghasilkan 56 persen, 70 persen dan 108 persen asupan kalori lebih tinggi dibanding kismis.

Asupan kalori kumulatif pagi, kudapan pagi, makan siang dan kudapan sepulang sekolah adalah 10 persen sampai 19 persen lebih rendah dibanding makan kismis dengan makanan ringan lainnya. Meski semua makanan ringan membuat seseorang mengurangi selera makan secara subyektif, namun nafsu makannya paling rendah saat anak tersebut telah makan kismis.

"Ini adalah studi terkontrol pertama yang meneliti makanan ringan dan kenyang di antara anak-anak. Konsumsi kismis sebagai camilan mencegah asupan kalori berlebihan, meningkatkan kenyang, dan dengan demikian dapat membantu berkontribusi pada bobot sehat pada anak usia sekolah anak-anak," kata Harvey G. Anderson, pemimpin studi dan profesor di Ilmu Nutrisi dan Fisiologi, Universitas Toronto. Demikian artikel yang dapat saya bagikan buat sahabat andi rezpati, semoga postingan ini dapat memberikan manfaat buat para pengunjung dan pembaca situs andi rezpati.

Tampilkan Komentar