Skip to main content

Manfaat Tanaman Ciplukan

Selamat malam sahabat andi rezpati, pada postingan kali ini saya membahas mengenai manfaat dari tanaman ciplukan. Kalian semua pasti tidak asing mendengar tanaman ciplukan, dan jangan remehkan tanaman yang satu ini karna tanaman ini bisa dijadikan obat tradisional. Tanaman Obat Tradisional Ciplukan biasanya tumbuh di pinggir hutan, di bekas tegalan, atau di bantalan sungai,bahkan sekarang banyak tumbuh dihalaman rumah. Tanaman obat tradisional Ciplukan termasuk dalam kelompok famili tanaman solanaceae. Ciplukan hanya hidup selama satu tahun dari sejak kecambah hingga berbuah kemudian mati. Berikut ini adalah manfaat dari ciplukan :

Manfaat akar ciplukan
  • Untuk bagian akarnya, tanaman ciplukan ini memiliki beberapa khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti :
  • Mengobati diabetes melitus
Manfaat buah ciplukan
  • Mengobati penyakit ayan atau epilepsi
  • Mengobati penyakit paru-paru
  • Mengobati sakit tenggorokan
  • Mengobati sariawan dan gusi berdarah. Ini akibat adanya kandungan vitamin C yang begitu banyak yang terdapat pada buah ciplukan.
Manfaat daun ciplukan
  • Untuk melawan kanker. Menurut beberapa penelitian kesehatan steroid yang terdapat pada daun dan buah ciplukan telah terbukti mampu melawan dan membunuh sel-sel ganas kanker yang tumbuh secara ganas dalam tubuh. Dan dalam studi tersebut telah membuktikan bahwa ramuan buah ciplukan ternyata mampu mengecilkan ukuran tumor atau kanker tersebut.
  • Mengobati bisul
  • Mengobati borok
Seluruh bagian tumbuhan Ciplukan
  • Mengatasi tekanan darah tinggi
  • Untuk mengatasi penyakit reumatik
  • Mengobati masalah batuk rejan
  • Mengobati bronchitis
  • Mengobati penyakit gondongan
  • Mengobati pembengkakan pada buah pelir untuk kaum laki-laki
  • Mengobati influenza

Tumbuhan liar ini lebih menyukai tempat terbuka dan mendapatkan sinar matahari langsung. Walaupun demikian tanaman obat tradisional ciplukan juga dapat hidup di tempat yang agak tedu,h asalkan tidak becek. Bunganya berwarna kuning, buahnya juga kekuningan jika sudah matang dan hijau sewaktu muda. Buahnya berbentuk lonceng. Tanaman obat tradisional Ciplukan dapat berbunga sepanjang tahun dan tidak tergantung musim. Daunnya tunggal dan lekuk, panjang daun ciplukan kurang lebih  5 cm dan lebar lebih dari 2.5 cm tanaman ini berakar tunggang berwarna putih, tanaman obat tradisional ciplukan sebenarnya bukan tanaman asli indonesia. Melainkan berasal dari amerika serikat.Ciplukan dapat tumbuh hampir di seluruh wilayah indonesi. Masing masing daerah memberinya nama yang berbeda pula. Di madura tumbuhan ini dinama jor-joran, ciciplikan (bali), dagomono (ternate), cecendet (sunda), susu sasak di NTB menyebutnya dedes, Kenamplukan dan di pulau seram maluku di kenal dengan lapununat. Masih banyak lagi, beberapa daerah menyebutnya kopo. Kopi ambon, angket, padangrase, dll.

Bukan hanya namanya yang berfariasi, tanaman obat tradisional ciplukan juga kaya khasiat. Air perasan akar tumbuhan ini dapat diminum untuk mengobati cacing. Serta jika ingin menurunkan demam, akar ciplukan dapat direbus kemudian diminum. Daunnya juga memiliki khasiat yang tidak kalah banyaknya. Daun ciplukan dapat mempercepat penyembuhan tulang patah. Penyakit busungair, bisul, borok, terkilir nyeri perut juga dapat diobati dengan daun tumbuhan ini. Minum air rebusan daunnya juga akan memperkuat organ jantung. Cukup sampai disini penjelasan dari saya mengenai tanaman ciplukan, semoga artikel yang saya bahas diatas dapat bermanfaat buat sahabat andi rezpati dan para pembaca postingan ini.

Comments

Popular posts from this blog

Berbakti Kepada Orang Tua (Birrul Walidain)

Sahabat andi rezpati pada kesempatan kali ini saya membahas mengenai adab kepada orang tua. Orang tua adalah segalanya bagi anak,tanpa dirinya kita tidak mungkin ada didunia ini, maka jangan pernah membuatnya marah maupun kesal terhadap kita.
Adab terhadap orang tua dalam Islam biasa disebut dengan birrul walidain. Birrul Walidain adalah etika Islam yang menunjukan tindakan berbakti kepada kedua orang tua. Yang mana berbakti kepada orang tua ini hukumnya fardhu ain bagi setiap Muslim, meskipun seandainya kedua orang tuanya adalah non muslim. Setiap muslim wajib mentaati setiap perintah dari keduanya selama perintah tersebut tidak bertentangan dengan perintah Allah. Definisi Al-Walidain adalah kedua orang tua kandung.

Berbakti kepada orang tua dalam islam sudah di jelaskandalam Al-Qur'an, setelah memerintahkan manusia untuk bertauhid, Allah 'Azza wa Jalla memerintahkan untuk berbakti kepada orang tuanya. Seperti tersurat dalam surat al-Israa' ayat 23-24, dan Luqman : 15. Adap…

Pengertian Pendidikan dan Stratifikasi Sosial

Selamat malam sahabat andi rezpat pada postingan kali ini saya membahas mengenai "Pengertian Pendidikan dan Stratifikasi Sosial". Apa itu pengertian pendidikan?, Pendidikan adalah suatu lembaga yang bertujuan untuk mengembangkan potensi setiap peserta didiknya, sehingga bisa dikatakan bahwa melalui pendidikan lah seseorang bisa memperlihatkan dan mengembangkan kemampuannya yang kemudian akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Apa itu stratifikasi sosial?, Stratifikasi sosial merupakan sebuah pengelompokan masyarakat unuk membedakan antara satu masyarakat dengan masyarakat yang lainnya. Stratifikasi sosial menurut Pitirim A. Sorokin adalah perbedaan penduduk / masyarakat ke dalam lapisan-lapisan kelas secara bertingkat (hirarkis). Untuk lebih jelasnya mari simak berikut ini.
Pembahasan materi berikut ini meliputi :

Pengertian PendidikanPengertian Stratifikasi SosialCara Menentukan Golongan SosialJenis Stratifikasi SosialFaktor Penyebab Munculnya Stratifikasi …

Manfaat Pacar Cina

Sahabat andi rezpati pada postingan ini saya membahas mengani manfaat daun pacar cina untuk kesehatan. Apa khasiat dari daun pacar cina? khasiat daun tanaman cina sudah banyak digunakn untuk pengobatan tradisional atau herbal kandungan senyawa yang terdapat dalam daun ini yaitu geraniol, paniculatin, eugenol, careen-3, cadine, tanin, bisabolene, dan masih banyak lagi.

Tanaman ini memiliki jenis bunga yang harum yang berwarna putih, tanaman pacar cina dipercaya sebagai cara mengatasi nyeri saat haid. Sobat akan dengan mudah menemukan tanaman ini di sekitar semak karena merupakan jenis tanaman liar. Banyak orang menggunakan daun pacar cina sebagai cara menghilangkan rasa sakit saat haid.
Berikut ini adalah manfaat dari daun pacar cina : Melancarkan haidKhasiat daun pacar cina sangat cocok bagi Anda para wanita yang mempunyai masalah dengan siklus haid yang tidak teratur. Cara mengatasi sakit perut saat haid sobat dapat menggunakan daun pacar cina untuk melancarkan haid sehingga rasa sakit …