Pertolongan Pertama Pada Penderita Demam Berdarah

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   5/08/2017
Selamat malam sahabt andi rezpati, pada musim yang tidak menentu seperti ini nyamuk dengan mudah dapat berkembang biak dan anda harus berhati hati dengan serangan nyamuk ini karena dapat menyebabkan penyakit demam berdarah. Banyak laporan beredar di masyarakat jika diberi demam berdarah jambu biji atau ragi merah. Tapi sebenarnya tidak ada obat untuk demam berdarah, tapi hanya mengandalkan banyak cairan.

Dr Rita mengatakan pertolongan pertama untuk demam berdarah adalah dengan menyediakan cairan, jus jambu, sari kurma atau beras ragi merah merupakan cairan terpenting ke dalam tubuh. Kemudian menyaksikan hari ketiga dan kelima adalah saat periode kritis.

Hal ini disebabkan oleh demam berdarah di pembuluh darah yang bocor dan harus diberi banyak air untuk menggantikan cairan yang trombositnya tidak turun. Tapi administrasi fluida ini jangan dipaksakan sama sulitnya.

"Pada hari kelima trombosit akan naik sendiri meski hanya minum air putih, karena tubuhnya sudah bisa memperbaiki diri sehingga kadar trombositnya naik. Tapi kalau virus virulen bocor bisa parah dan harus dirawat di rumah sakit," katanya. .

Dr. Rita menjelaskan dalam penanganan kasus demam berdarah hanya perlu bermain dengan cairan, kejadian kebocoran harus banyak minum, namun bila bocor selesai dalam waktu 2x24 jam asupan cairan harus dikurangi.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk pertolongan pertama bagi penderita demam berdarah yaitu:
  1. Memberikan minum sebanyak mungkin.
  2. Kompres jadi panaskan.
  3. Berikan obat penurun panas.
  4. Jika dalam 3 hari demam tidak turun atau malah naik segera dibawa ke rumah sakit atau puskesmas.
  5. Jika Anda tidak bisa minum atau muntah terus-menerus, kondiai lebih buruk, berkurang atau hilang kesadaran maka harus dirawat di rumah sakit.
Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti. Penderita biasanya mengalami panas tanpa alasan yang jelas dan disertai tanda-tanda perdarahan paling sedikit kadar trombosit kurang dari 100.000 / mm3. Sahabat andi rezpati itu tadi adalah sedikit tips untuk mencegah penyakit demam berdarah.

Tampilkan Komentar