Tanda tanda Kekurangan Zat Besi

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   5/09/2017

Selamat sore sahabat andi rezpati,pada sore hari ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai Tanda dan gejala kekurangan zat besi yang paling umum dialami seseorang. Jika Anda sering merasa lemah dan lesu, mungkin itu karena Anda kekurangan zat besi. Besi sangat penting bagi tubuh untuk mengangkut oksigen dan elektron yang digunakan untuk pembangkit energi.

Inilah beberapa tanda kekurangan zat besi yang paling umum dialami:

  • Kelelahan sangat ekstrem

Setelah seharian beraktivitas, orang yang kekurangan zat besi akan merasa kelelahan. Anda juga akan mendapati bahwa tulang Anda sangat lemah untuk digerakkan dan tidak bertenaga.


  • Napas tersengal

Karena zat besi yang digunakan untuk membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, penderita defisiensi zat besi akan merasakan sesak napas karena kekurangan pasokan oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh lainnya.


  • Sakit kepala

Kurangnya suplai oksigen di otak juga bisa menyebabkan seringnya sakit kepala.


  • Amenore

Amenore adalah kondisi dimana periode haid tidak teratur atau tidak ada periode hingga beberapa periode.

Jika Anda mengalami gejala ini, Anda perlu mengkonsumsi suplemen zat besi. Anda juga perlu meningkatkan asupan makanan yang secara alami mengandung zat besi.

Makanan kaya zat besi antara lain, seperti bayam, kacang kedelai, tahu, buncis atau kacang-kacangan. Saran umum asupan harian zat besi untuk wanita berusia 18-50 tahun adalah sebanyak 18 mg.

Penyajian bayam hanya bisa memenuhi kebutuhan zat besi Anda sebanyak 6 mg. Oleh karena itu Anda perlu melengkapi diet Anda 3 kali sehari dengan konsumsi sayuran, selain itu Anda juga bisa mengonsumsi suplemen besi. Demikian artikel yang dapat saya sampaikan lewat situs andi rezpati ini, jika ada kesalahan informasi ataupun dalam penulisan saya mohon maaf.

Tampilkan Komentar